Teropong Bisnis | Homepage
Erupsi Kelud Hentikan 52 Penerbangan Citilink

Erupsi Kelud Hentikan 52 Penerbangan Citilink

0 Comments 🕔15.Feb 2014

Usai erupsi Sinabung mereda, kini giliran Gunung Kelud yang sedang dalam status awas. Gunung berapi yang berada di Daerah Kediri ini Kamis malam kemarin terjadi erupsi. Selain membuat ratusan ribu warga sekitar lereng Gunung Kelud mengungsi ke tempat yang aman, dampak erupsi Kelud pun dialami oleh sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia. Terdapat beberapa bandara ditutup karena tebalnya material vulkanik berupa abu vulkanik yang menggelayuti langit di Pulau Jawa. Semua penerbangan baik dari dan yang akan menuju ke empat bandara, yakni Bandara Adi Sutjipto (Yogyakarta), Bandara Djuanda (Surabaya), Bandara Achmad Yani (Semarang), dan Bandara Abdul Rahcman (Malang) ditutup karena jarak pandang yang sangat terbatas.

Citilink Indonesia pun menghentikan 54  penerbangan pada hari ini. Instruksi pemberhentian aktivitas penerbangan ini berasal dari instansi terkait. Arief  Wibowo selaku Direktur Utama PT Citilink Indonesia mengatakan bahwa ada 20 jadwal penerbangan di Surabaya, 4 penerbangan di Yogyakarta, 2 penerbangan di Semarang, dan 1 penerbangan di Malang terpaksa dibatalkan karena adanya bencana alam Kelud. Beliau sendiri tidak tahu kapan penerbangan akan dihentikan. Yang jelas jadwal penerbangan akan diberlakukan kembali ketika kondisi di lapangan sudah dikatakan aman dan layak untuk jalur penerbangan. Dan yang pasti pihaknya juga akan terus memantau informasi setiap jam-nya untuk mengetahui situasi jalur penerbangan.

citilink, pesawat, penerbangan, bencana, gunung kelud

Pemberhentian aktivitas penerbangan memang harus dilakukan karena berbahaya bagi penumpang dan semua awak pesawat. Abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Kelud yang masih erupsi dapat mengganggu. Tak hanya mengganggu pandangan saja, melainkan abu dan batu vulkanik juga berpotensi masuk ke dalam mesin pesawat dan mesin bisa rusak oleh karenanya. Dengan pertimbangan inilah, pihak aCitilink Indonesia dan maskapai penerbangan lainnya sepakat untuk menghentikan aktivitas penerbangan demi keselamatan para penumpang. Para penumpang pun mengerti akan kondisi ini. Mereka akan mendapatkan konfirmasi soal tiket. Pihak Citilink Indonesia juga berjanji akan memberitahu penunpang jika status pembatalan penerbangan telah berakhir.

Citilink Indonesia telah menyampaikan pemberitahuan soal pembatalan penerbangan pada para penumpangnya melalui berbagai media seperti sosial media, sales office, call center, situs resmi, pengumuman di seluruh bandara, dan para mitra agen perjalanan. Arief Wibowo juga menyampaikan pada wartawan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah untuk terus memantau cuaca dan jarak pandang di keempat bandara yang sudah disebutkan di atas.

Seperti yang telah diinformasikan oleh banyak media, Gunung Kelud saat ini sedang erupsi di mana diperkirakan jutaan kubik material telah dimuntahkan. Abu vulkanik dan kerikil-kerikil kecil terlihat berterbangan di batas zona aman letusan yakni sekitar 10 km dari puncak gunung. Banyaknya abu vulkanik yang dikeluarkan menyebabkan beberapa wilayah di Pulau Jawa terkena imbasnya. Daerah yang terkena abu vulkanik yang terparah adalah DIY karena arah tiupan angin yang membawa serta abu vulkanik adalah ke arah Barat Daya Gunung Kelud yang tak lain adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

citilink, pesawat, penerbangan, bencana, gunung kelud

BACA JUGA:

BI Rate Masih Di Angka 7,5%

Panas-Dingin RI Dan Singapura Pengaruhi Rencana Ekspansi Sejumlah Perbankan Indonesia Di Singapura

 

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *