Teropong Bisnis | Homepage
Emas Menguat, Dollar AS Melemah

Emas Menguat, Dollar AS Melemah

0 Comments 🕔14.Jun 2013

emas-menguat-dollar-melemah-2

Emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange akhirnya berada di wilayah positif pada Rabu (12/6) waktu setempat (Kamis pagi WIB). Menguatnya harga emas ini sebagian besar karena pengaruh dollar AS yang melemah. Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman di bulan Agustus naik sebesar 15 dollar AS atau sekitar 1,09 % menjadi menetap di posisi 1.292.0 dollar AS untuk per ounce nya. Walaupun demikian, dalam sepanjang tahun 2013 ini, emas berjangka telah mengalami penurunan lebih dari 17 persen.

Dollar AS Melemah

Pada perdagangan Rabu, Dollar AS melemah karena tergelincir terhadap mata uang yen Jepang dan euro. Padahal, dollar AS pada awalnya sempat menguat. Namun pada pukul 22.00 GMT (Kamis pagi WIB) nilai dollar AS melemah menjadi 95,88 yen. Nilai ini lebih rendah daripada hari Selasa lalu yaitu 96,01 yen. Selain itu rebound terhadap mata uang euro juga ikut membalikkan posisi dengan euro pada US$ 1,3335 di akhir perdagangan. Nilai ini naik dari hari sebelumnya yang berada pada US$ 1,3311. Menurut analisis pasar, keadaan inilah yang memberikan dukungan yang mendasar untuk logam mulia bisa merangkak naik. Jika dollar AS lebih kuat, maka mata uang ini cenderung akan menekan harga pada komoditas berdenominasi dollar, salah satunya adalah emas. Mata uang Amerika Serikat yang biasa disebut dengan greenback ini jatuh dan memperpanjang penurunan tajam dollar AS hari sebelumnya terhadap mata uang yen karena BoJ (Bank Sentral Jepang) memutuskan untuk mempertahankan daripada memilih memperluas langkah – langkah stimulus. Dampak keputusan BoJ ini menambah ekspektasi bagi pasar bahwa stimulus lebih di negara maju tidak mungkin dan memicu saham dan mata uang dari negara berkembang buru – buru keluar untuk mengantisipasi kenaikan euro, yen, dan dollar. Selain euro dan yen, pound Inggris juga ikut menguat terhadap dollar AS yakni US$ 1,5677 dari US$ 1,5644. Selain itu, dollar AS juga menurun jadi 0,9208 franc Swiss yang awalnya 0,9246 franc Swiss.

emas-menguat-dollar-melemah-3

Harga Emas Mulai Stabil

Menurut beberapa analisis, harga emas mulai menunjukkan beberapa tanda stabilitas. Namun pasar masih tetap terjebak di antara tanda – tanda perlambatan ekonomi AS dengan prospek Federal Reserve AS yang berencana akan mengurangi pembelian beberapa obligasi. Harga emas terpuruk ketika Fed akan mempertimbangkan lagi pembelian obligasinya untuk beberapa bulan mendatang. Dalam beberapa tahun terakhir, saat Fed dan bank sentral utama yang lain di seluruh dunia memperkenalkan pelonggaran moneter agresif, harga emas kembali naik cukup signifikan. Sementara itu, perak untuk pengiriman bulan Juli juga mengalami kenaikan sebesar 0,69 persen yaitu sebesar 15 sen dan ditutup pada US$ 21,796 per ounce nya.

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *