Teropong Bisnis | Homepage
Emas Anjlok, Newmont Ghana Lepas 600 Pekerja Pertengahan Tahun Ini

Emas Anjlok, Newmont Ghana Lepas 600 Pekerja Pertengahan Tahun Ini

0 Comments 🕔01.Mar 2014

Bila Anda ingin berinvestasi dengan emas, maka saat ini adalah saat yang tepat. Melihat kondisi harga emas dipasar saat ini, maka dapat ditemukan bahwa ada penurunan yang cukup signifikan.

Penurunan nilai emas ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah nilai dollar AS yang juga belum menguat. Selain itu, terhambatnya pelaksanaan kebijakan The Fed tentang stimulus moneter juga menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, para investor emas berlomba-lomba mengumpulkan logam mulia ini.

Bila investor emas memandang saat ini adalah masa terbaik mereka, lain halnya dengan perusahaan emas. Salah satunya adalah Newmont Ghana yang merupakan anak perusahaan Newmont Gold asal Amerika Serikat (AS).

Perusahaan ini berencana untuk memberhentikan sekitar 500-600 karyawannya pada bulan Juni tahun ini. Hal ini terpaksa dilakukan karena tren harga emas yang semakin menurun saat ini.

Selain itu, pemberhentian karyawan perusahaan ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Newmont Ghana Adiki O. Ayitevie. Menurutnya, peningkatan efisiensi perusahaan ini diperlukan agar perusahaan dapat berjalan dan bersaing di bidang yang digelutinya.

Selain nilai emas yang semakin menurun, salah satu penyebab adanya keputusan ini juga karena masalah pada tahap produksi perusahaan ini. Adiki menjelaskan, selama ini, jumlah produksi bermasalah karena banyaknya batu sisa pengolahan yang dihasilkan. Hal ini tidak seimbang dengan rendahnya jumlah emas yang didapat dari tambang Newmont Ghana di Ahafo Mine.

harga emas, newmont ghana, ekonomi, bisnis

Dengan mengurangi total produksi ini, diharapkan dapat menutupi semua kerugian akibat kedua hal tersebut. Dan, salah satu cara untuk mengurangi total produksi ini adalah pemberhentian pekerja.

Langkah-langkah ini sudah dimulai pada awal tahun ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya negosiasi antara Newmont Ghana dengan serikat pekerja tambang Ghana Mine Workers Union (GMWU). Negoisasi ini membahas tentang pembayaran pesangon untuk para pekerja yang diberhentikan. Dan, semua urusan pesangon dan lainnya harus sudah selesai pada pertengahan tahun ini.

Perusahaan juga akan menghormati dan menghargai hak para pekerja ini. Hal ini harus dilakukan, karena mereka juga bagian dari kesuksesan perusahaan ini. Jadi, pantas bila mereka diperlakukan secara hormat dan dengan baik.

Sebenarnya, keputusan ini tidak diinginkan oleh Newmont Ghana. Tetapi, hal ini perlu dilakukan agar keuntungan tetap didapat oleh pemilik saham perusahaan.

Menurut Wakil Presiden Senior Newmont Afrika Dave Schummer , hal ini perlu dilakukan, agar para pemegang saham peruashaan emas global asal Amerika Serikat ini, tetap mempertahankan modal mereka. Dengan demikian, perusahaan ini akan dapat berjalan dan bertahan di persaingan dunia bisnis yang semakin ketat. Selain itu, beban Newmont Ghana juga akan sedikit berkurang dengan cara ini.

harga emas, newmont ghana, ekonomi, bisnis

BACA JUGA:

Kondisi Laba Bersih Industri Perbankan Saat Ini

Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ekonomi Mulai Berlaku Hari ini

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *