Teropong Bisnis | Homepage
Ekspor Batu Bara Perdana PT. Semesta Centramas, Sukses Besar!

Ekspor Batu Bara Perdana PT. Semesta Centramas, Sukses Besar!

0 Comments 🕔06.Aug 2014

Batu bara menjadi salah satu komoditas menjanjikan industri pertambangan. Saat ini masih banyak perusahaan dan negara yang membutuhkan batu bara untuk kebutuhan energi mereka. Dan, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia.Banyak perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu bara merasakan keuntungan tersebut.

Hal inilah yang dirasakan oleh PT. Semesta Centramas, anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Mereka berhasil mengekspor batu bara ke Thailand pada kuartal II 2014. Dan, jumlah yang mereka eksport cukup tinggi yaitu mencapai 53.274 ton.

Pada kuartal II 2014 sendiri, total produksi PT Semesta Centramas mencapai 77.335 ton batu bara Balangan. Meningkatnya produksi ini disebabkan oleh selesainya pembangunan jalan angkutan dan jembatan sebagai salah satu infrastruktur PT Adaro Indonesia (AI).

Infrastruktur ini dibangun memang dengan tujuan untuk mempermudah proses produksi PT Semesta Centramas. Selain itu, mereka juga menggunakan kontraktor internal. Dengan demikian, biaya yang digunakan untuk produksi batu bara Balangan menjadi lebih murah.

Ekspor batu bara ke Thailan pada kuartal II 2014 ini atau tepatnya pada tanggal 6 Juni 2014 ini juga menjadi pengiriman komersial perdana perusahaan ini. Untuk tahun ini, anak usaha Adaro mempunyai rencana untuk meningkatkan produksi hingga 1 juta ton. Rencana ini dibuat untuk memenuhi permintaan batu bara dalam negeri yang meningkat dan juga permintaan luar negeri, seperti Thailand dan India.

Menurut perkiraan perusahaan ini, revisi estimasi biaya untuk proyek ini akan dapat diselesaikan pada akhir 2014, sesuai dengan JORC. Garibaldi Thoir, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk, mengungkapkan target 1 juta ton pada tahun ini dirasanya masuk akal. Hal ini dikarenakan kualitas batu bara yang didapat cukup baik, keadaan geografis dan infrastruktu yang mendukung dan modal yang digunakan cukup rendah.

Garibaldi menambahkan rencana ini menjadi salah satu dasar untuk melangkah lebih jauh. Rencana ini juga menjadi awal rencana jangka menengah perusahaan ini. Dan, yang terpenting, pasokan untuk pelanggan tidak akan terganggu.

Perusahaan ini cukup sukses mendapatkan pelanggan dari berbagai negara, selain tentunya pelanggan dalam negeri. Pada semester I 2014, pelanggan PT Semesta Centramas dari Indonesia mencapai 22 persen dari total penjualan. Selain itu, India mencapai 16 persen, China 13 persen, Jepang 10 persen, Korea 9 persen, Spanyol 7 persen, Hong Kong 7 persen, Malaysia 6 persen dan 10 persen lagi negara-negara lainnya.

Perusahaan ini juga mencatatkan total produksi batu bara yang cukup tinggi. Total produksi batu bara perusahaan ini mencapai 13,84 juta ton, tercatat hingga kuartal II 2014. Hasil ini dipandang sebagai posisi yang aman untuk perusahaan ini untuk mencapai target produksi tahun 2014, yaitu 54 juta ton hingga 56 juta ton.

batu bara, ekspor batu bara, ekonomi, artikel ekonomi

BACA JUGA:

Rencana Pajak Hiburan Naik, Pengusaha Hiburan Malam Kalang Kabut

Rekor Terburuk Indeks S&P 500 Tercatat!

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *