Teropong Bisnis | Homepage
Dolar Semakin Perkasa karena Investor Mulai Tarik Dana

Dolar Semakin Perkasa karena Investor Mulai Tarik Dana

0 Comments 🕔11.Jul 2013

Dolar-Semakin-Perkasa-karena-Investor-Mulai-Tarik-Dana-1

Dolar Amerika tampaknya masih akan menjadi buruan para investor mengingat kondisi pasar global yang masih kurang kondusif. Beberapa minggu terakhir, kondisi pasar modal di Asia, termasuk Indonesia masih sangat kurang menguntungkan. Hal ini terlebih ditekan oleh pengaruh kenaikan harga BBM dan juga rasa kekhawatiran investor mengenai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang semakin mengkhawatirkan. Pada transaksi pasar hari ini, rupiah dibuka melemah satu poin dari penutupan hari kemarin, yaitu pada posisi 9.954 per dolar AS.

Tren Pasar Modal Menarik Modal Asing

Albertus Christian, analis pasar modal dari PT Monex Investindo Futures, mengungkapkan bahwa kondisi pasar modal yang cenderung berisikan trend menarik modal asing dari pasar menyebabkan mata uang rupiah semakin tertekan dan cenderung melemah setiap saat. Jika hal ini terus berlangsung, dikhawatirkan rupiah akan menyentuh level psikologis, yaitu pada 10.000. melemahnya mata uang regional ternyata tidak hanya dialami oleh rupiah. Sejumlah mata uang dari negara-negera Asia lainnya juga turut tertekan. Ini membuat dolar AS seolah semakin perkasa di antara mata uang lain.

Untuk dapat menormalisasi kondisi di pasar modal, bank sentral (The Fed) akan memulai langkah-langkah dengan menerapkan program moneternya yang akan dijadikan faktor utama yang dapat mendorong investor asing untuk mau melakukan aksi jual pada pasar berkembang. Ini tentu akan membuat perubahan pada kondisi pasar modal yang pada mulanya tegang karena para investor khawatir menjadi normal kembali karena aktivitas jual dan beli untuk mata uang dapat dilakukan dengan normnal. The Fed rencananya akan segera melakukan beberapa langkah, seperti mengusahakan pengurangan untuk stimulus yang rencannya akan mencapai USD 85 miliar setiap bulannya. Rencananya, pengurangan stimulus ini akan dimulai pada bulan September 2013 mendatang. Selain upaya ini, The Fed juga akan mempertimbangkan untuk menerapkan kebijakan baru yang nantinya isinya akan keluar dari kebijakan suku bunga rendah.

Upaya untuk Menormalisasi Pasar Modal

Beberapa upaya tersebut diusahakan akan mampu menormalisasi kondisi di pasar berkembang. Meskipun demikian, pasar berkembang dinilai akan semakin beresiko karena belakangan, pertumbuhan ekonomi di China semakin melambat. Melambatnya pertumbuhan ekonomi China ini dipicu oleh kebijakan pengetatan bagi investor untuk melakukan investasi pada sektor kredit di China. Selain itu, ini juga disebabkan karena melambatnya kinerja ekspor di negara tersebut. Sementara itu, pelaku pasar modal di Indonesia masih menunggu hasil dari rapat Dewan Gubernur BI yang berhubungan dengan suku bunga. Suku bunga yang diterapkan diperkirakan akan naik ke level 6,25%. Ini dianggap bisa menjadi katalis positif bagi rupiah. Meskipun demikian, suku bunga yang naik ini hanya akan menjadi katalis yang positif untuk sementara. Rupiah diperkirakan masih akan terus tertekan meskipun tetap masih ada kemungkinan bagi rupiah untuk menguat kembali.

Dolar-Semakin-Perkasa-karena-Investor-Mulai-Tarik-Dana-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *