Teropong Bisnis | Homepage
Desember 2013: Beli 1 Lot Menjadi 100 Saham

Desember 2013: Beli 1 Lot Menjadi 100 Saham

0 Comments 🕔16.Aug 2013

Bursa Efek Indonesia akan mengeluarkan kebijakan baru yang berhubungan dengan satuan lot saham yang diubah menjadi 100 lembar saham setiap satu lotnya. Kebijakan ini secara efektif akan berlaku mulai akhir bulan desember ini. Jika sebelumnya ukuran satu lot sama dengan 500 saham, kini BEI akan menerapkan sistem baru yaitu menjadi 100 lembar saham untuk satu lot. Direktur utama Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito memastikan bahwa sudah final dan sudah mulai disosialisasikan kepada seluruh anggota bursa.

Desember-2013-Beli-1-Lot-Menjadi-100-Saham-2

Kebijakan Terlambat

Kebijakan penurunan jumlah lembar saham setiap lotnya ini sebenarnya mundur dari target sebelumnya yang direncanakan dimulai sejak semester I 2013 yang kemudian mundur menjadi semester I 2013. Kemunduran ini disebabkan karena kurangnya kesiapan pihak-pihak terkait mengenai keputusan ini. Nantinya, sistem penurunan jumlah satuan lot ini harus sudah diterapkan oleh semua anggota bursa. Anggota bursa dari Bursa Efek Indonsia seperti vendor dan juga kirling serta perusahaan kustodian sentral. Untuk langkah selanjutnya, BEI akan melakukan sosialisasi guna menyebarluaskan kebijakan ini agar lebih dikenal para investor dan masyarakat luas, sosialisasi sangat penting untuk melancarkan proses perubahan ini.

Sebelumnya diberitakan bahwa BEI akan menargetkan aturan penurunan satuan lot akan selesai pada semester I 2013 ini dan akan segera efektif dibelakukan di akhir 2013 ini. Namun, pemberitahuan ini sebenarnya dinilai terlambat karena aturan semacam ini tentu saja masih akan memerlukan sosialisasi yang juga menyangkut pengenalan sistem yang baru. Berbagai persiapan tentu saja harus dilakukan oleh BEI untuk menerapkan aturan baru yang akan berdampak pada peraturan bursa saham di seluruh Indonesia ini. Karenanya, selain persiapan teknis, BEI juga melakukan edukasi terlebih dahulu terhadap para investor serta masyarakat luas untuk menyosialisasikan penurunan nilai satu lot saham yang berlaku.

Sosialisasi Kebijakan

Untuk sosialisasi, BEI rencanya akan melakukan beberapa langkah yang meliputi edukasi terhadap investor dan juga pemberitaan yang labih luas dari media. Langkah sosialisai ini sangat penting untuk memperlancar proses perubahan dari yang semula 500 lembar per lot menjadi hanya 100 lembar setiap satu lot. Perubahan ini tentu saja merupakan perubahan yang sangat signifikan bagi para investor. Bagi BEI, tujuan utama menurunkan jumlah lembar saham setiap lot ini adalah untuk meningkatkan jumlah investor dari segi ritel di BEI.

Seperti yang kita tahu, selama ini jumlah investor untuk ritel hanya terbatas pada yang mampu membeli 500 lembar setiap lotnya. Dengan menurunnya jumlah lembar saham, para investor akan memiliki lebih banyak lot serta memiliki keinginan untuk membeli jumlah saham yang lebih. Selain itu, investor juga bisa melakukan diversifikasi untuk kepemilikan saham. Arif Wicaksono juga menambahkan bahwa dengan perubahan sistem seperti ini diharapkan jumlah investor ritel di BEI akan meningkat dari tahun sebelumnya.

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (12/7).

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *