Teropong Bisnis | Homepage
Denda 25 Triliun Rupiah untuk Kasus Penggelapan Pajak Asian Agri

Denda 25 Triliun Rupiah untuk Kasus Penggelapan Pajak Asian Agri

0 Comments 🕔07.Jun 2013

Kasus penggelapan pajak merupakan salah satu permasalahan yang akan merugikan negara. Di Indonesia banyak sekali kasus semacam ini terjadi. Berita terkini mengenai kasus penggelapan pajak menimpa Asian Agri. Dikarenakan penggelapan pajak yang dilakukannya, Jendral (Dirtjen) Pajak kemudian memberikan surat tagihan pajak yang harus dibayar oleh Asian Agri. Jumlah denda yang harus dibayarkan oleh Asian Agri terkait masalah penggelapan pajak yang dia lakukan mencapai jumlah triliunan rupiah.

Jumlah tersebut harus mampu dia lunasi dalam kurun waktu satu bulan saja. Ini adalah pertama kalinya, Negara RI mengeluarkan ada wajib pajak kena denda sampai dengan jumlah triliunan rupiah. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen Pajak Fuad Rahmany Rabu tanggal 6 Juni 2013 kemarin.

Total Tagihan Pajak Asian Agri

Tentu saja jumlah tagihan dari Dirtjen pajak ini bisa dibilang lebih sedikit dibandingkan jumlah yang dituntut oleh kejaksaan. Mereka malah meminta Asian Agri untuk membayar denda dengan jumlah lebih dari 2 Triliun rupiah. Tentunya ini adalah jumlah yang fantastis. Total pembayaran denda yang harus dibayarkan oleh Agri, jika dijumlah total, adalah 4 Triliun Rupiah lebih. Begitu tegas Fuad atas pelanggaran yang dilakukan oleh Asian Agri.

Ketegasan terhadap permasalah yang berkaitan dengan pajak memang harus ditegakan secara maksimal. Hal ini terkait dengan kerugian yang diderita oleh negara akibat pelanggaran tersebut. Dengan memberikan hukuman berupa denda yang luar biasa banyak kepada pelakunya, maka diharapkan ini akan bisa membuat pelakunya jera.

Hukum Mengenai Masalah Pajak Semakin Diperketat

Denda 25 Triliun Rupiah untuk Kasus Penggelapan Pajak Asian Agri

Hukum mengenai pajak juga kini semakin diperketat lagi. Banyaknya masalah korupsi dan penyalahgunaan yang terjadi membuat kejaksaan mengeluarkan hukuman yang berat. Tagihan yang harus dibayar oleh Asian Agri telah keluar usai putusan dari MA (Mahkamah Agung) yang menyatakan mengenai permasalahan bayar pajak yang kurang yang dilakukan oleh Asian Agri. Kasus pajak memang merupakan kasus yang sedang banyak beredar saat ini. Para oknum pajak banyak yang menyalahgunakan jabatan mereka untuk memenuhi keuntungan pribadi. Bahkan jika hal ini terus berlanjut maka akan mengakibatkan negara semakin terpuruk dan rakyat yang harus dikorbankan.

“Dari UU Pajak yang berlaku, Dirtjen Pajak mulai lebih ketat lagi dengan memberi waktu hanya dua bulan pada Asian Agri. Sedangkan dari kejaksaan, waktu yang diberikan untuk Asian Agri untuk membayar tagihannya adalah 12 bulan, lebih lama memang. Surat tagihan yang diberikan untuk Asian Agri akan segera keluar secepatnya dan kalau dia tidak melakukan pembayaran, maka akan dilakukan proses penyitaan properti atau harta benda,“ begitu tegas Fuad.

Kasus penggelapan pajak memang semakin merajalela karena keuntungan yang didapatkan dari hal ini sangatlah besar. Negara akan terus menerus dirugikan jika pelakunya tidak ditangkap. Fuad juga menegaskan bahwa denda sebanyak ini merupakan hal yang pertama dilakukan di negara RI.

Gambar: yustisi.com; infokorupsi.com

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *