Dampak Melemahnya Rupiah terhadap Kondisi Perbankan

Artikel Ekonomi, Teropong Ekonomi
Dampak-Melemahnya-Rupiah-terhadap-Kondisi-Perbankan-1

Dampak-Melemahnya-Rupiah-terhadap-Kondisi-Perbankan-2

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Ya, pasti Anda pun juga sedikit atau banyak mengikuti berita tersebut. Memang, rupiah saat ini sedang melemah sehigga akan berpengaruh pula pada aspek-aspek lainnya, terlebih aspek ekonomi dan juga perbankan. Melemahnya rupiah ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sector ekonomi dan perbankan.

Termasuk pada kemampuan masyarakat yang memiliki pinjaman berupa dolar. Ada banyak nasabah yang memiliki pinjaman dalam bentuk dolar. Hal ini pasti akan berpengaruh pada posisi rupiah dan juga termasuk pada peningkatan adanya kredit macet. Hal ini yang sekarang banyak disoroti, yaitu dampak dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Selain berpengaruh besar pada perekonomian, perbankan juga memiliki andil besar dalam hal ini. Meskipun demikian, Bank Indonesia tidak akan angkat tangan begitu saja. BI masih memiliki intervensi sehingga kemungkinan rupiah menguat pun semakin besar. Tentunya tetap saja pihak bank di Indonesia perlu berhati-hati dengan kondisi seperti ini.

Lemahnya Rupiah dan Peningkatan Kredit Macet

Rupiah yang melemah memang memberikan konsekuensi tersendiri, termasuk dalam perbankan. Bahkan secara logis, lemahnya rupiah ini memberikan dampak meningkatnya kredit macet yang terjadi. Jika rupiah terus saja melemah, bank yang juga memberikan pinjaman atau kredit berupa dolar memiliki potensi yang cukup besar mengalami kredit macet.

Memang, banyak nasabah yang memilih meminjam atau kredit dalam bentuk dolar, terlebih untuk komersial dan juga korporasi. Hal ini dikarenakan suku bunganya yang cenderung lebih rendah. Dengan begitu, pinjaman dalam bentuk dolar ini akan semakin menumpuk.

Namun, di Indonesia sendiri, hanya beberapa bank saja yang secara agresif memberikan kredit berupa dolar Amerika. Secara keseluruhan, sebetulnya bank-bank di Indonesia masih cenderung aman. Hal ini dikarenakan mereka juga sedikit-banyak sudah belajar dari adanya krisis yang terjadi sebelumnya sehingga merekapun cenderung lebih berhati-hati dalam memberikan kredit berupa dolar ini, dan cenderung memilih mengarahkan nasabah untuk memilih kredit bukan dalam bentuk dolar Amerika melainkan rupiah saja.

Lemahnya Rupiah dan Peningkatan Hutang

Lemahnya rupiah memang sangat memberikan dampak, namun dari pengalaman-pengalaman yang terjadi sebelumnya, membuat perbankan lebih berhati-hati mengambil keputusan. Dampak melemahnya rupiah ini membuat pihak bank harus sedikit berhati-hati jika tak mau terjadi dampak-dampak yang lebih serius dari nilai rupiah yang tak juga menguat atau malah cenderung melemah.

Salah satu dampak yang cukup buruk adalah peningkatan hutan yang ada. Banyak bank yang memiliki hutang berupa dolar Amerika. Tentu saja, dengan melemahnya nilai rupiah akan berdampak buruk pada kondisi ini. nilai hutang yang cenderung membengkak pastinya juga akan memiliki dampak tersendiri bagi bank dan juga sektor perbankan dan ekonomi Indonesia.

Dampak-Melemahnya-Rupiah-terhadap-Kondisi-Perbankan-3

Be Sociable, Share!

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *