Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Keputusan The Fed Terhadap Harga Emas Global

Dampak Keputusan The Fed Terhadap Harga Emas Global

0 Comments 🕔22.Nov 2013

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai berinvestasi emas, simak terlebih dahulu informasi terkini mengenai emas. Salah satu informasi yang harus Anda cari jika berhubungan dengan emas adalah harga emas di pasaran. Seperti saat ini, diberitakan bahwa harga emas global mengalami penurunan ke level terendah empat bulanan.

Level penurunannya mencapai 2.5%. Penurunan tersebut merupakan imbas dari pertemuan The Federal Reserve pada bulan Oktober lalu. The Federal Reserve akhirnya menunjuk bank sentral AS agar dapat memangkas stimulus moneter. Sejak 10 Juli lalu, harga emas merosot tajam di bawah USD 1.250 per troy ons.

Angka ini merupakan pertama kalinya dan menjadi penurunan paling besar secara harian sejak 1 Oktober. Perlu diketahui bahw harga emas global sangat sensitif terhadap pelonggaran kuantitatif The Fed. Dengan adanya penurunan harga dengan level terendah tersebut membuat pedagang di pasar berjangka emas kalang kabut.

Imbasnya, terjadi aksi jual yang besar di pasar berjangka. Bayangkan saja, total turnover sudah mencapai 240.000 kontrak. Hasil pertemuan ini sendiri membuktikan bahwa pejabat The Fed merasa yakin untuk mulai membeli kembali aset bank sentral AS secara besar-besaran. Salah satu pedagang logam mulia dari Alliance Broker, Frank McGhee, hasil tersebut akan membawa isu risiko pemangkasan obligasi The Fed.

Alhasil, spot emas juga menurun hingga 2.4% dan menjadi USD 1.244,31 per troy ons. Angka ini terjadi setelah mengalami penurunan terendah empat bulanan pada posisi USD 1.240.69 per troy ons. Hal serupa juga dirasakan oleh Comex Gold untuk emas berjangka AS. Menurut informasi, pengiriman untuk bulan Desember mendatang turun yang sebelumnya USD 15.50 hanya menjadi USD1.258 per troy ons.

Adanya penurunan harga emas global secara tiba-tiba pada awal sesi perdagangan terjadi karena spekulasi dari pada investor bullion. Dapat dibayangkan bahwa hanya dalam 1 menit saja harga emas sudah jatuh lebih dari USD11 atau setara dengan 1%. Dengan penurunan drastic tersebut, harga emas menjadi turun drastis hanya sebesar USD1.258 per troy ons.

Di hari sebelumnya, harga emas sempat mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan. Setidaknya, hal tersebut merupakan berita baik setelah penurunan tajam pada hari Senin yang lalu. Hari Rabu, 20 November 2013 yang lalu, bullion juga diperdagangkan dalam kisaran yang sangat sempit yaitu hanya sekitar USD10.

Hal ini terkait dengan nilai tukar dollar Amerika Serikat bergerak stagnan terhadap beberapa mata uang. Selain itu, pasar ekuitas juga melemah di tengah kurangnya indicator ekonomi di Amerika Serikat. Beberapa pemain emas jangka panjang menyarankan untuk membeli emas karena risikonya sangat rendah.

Setidaknya, dengan informasi ini, Anda bisa memastikan terlebih dahulu kapan harus menjual dan membeli emas agar tidak mengalami kerugian yang besar.

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *