Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Kejadian Sabtu Dini Hari pada Saham MAS

Dampak Kejadian Sabtu Dini Hari pada Saham MAS

0 Comments 🕔11.Mar 2014

Sabtu dini hari yang lalu, Indonesia dikejutkan dengan adanya kabar hilangnya kontak salah satu pesawat milik maskapai penerbangan asal Malaysia Malaysia Airline System. Sebenarnya, hal ini tidak akan menjadi masalah besar untuk Indonesia. Tetapi, karena ada 7 orang WNI yang ikut serta dalam penerbangan tersebut, maka berita ini menjadi berita besar untuk Indonesia.

Kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airline diperparah dengan isu adanya serangan teroris pada penerbangan tersebut. Hal ini setelah ditemukan dua orang yang menggunakan paspor palsu, ikut dalam penerbangan tersebut.

Kejadian ini berdampak pada banyak hal. Salah satunya adalah nilai saham MAS atau Malaysia Airline System Bhd (MAS).

Seperti yang kita semua tahu, ada banyak faktor yang mempengaruhi pergerakan saham di pasar modal. Salah satunya adalah faktor psikologis. Dan, kejadian ini membawa dampak buruk pada pandangan pelaku pasar terhadap saham perusahaan ini.

Dampak ini tampak pada pembukaan perdagangan hari Senin 10 Maret 2014. Saham MAS dibuka melemah. Bahkan pelemahan yang dipicu hilangnya pesawat Boeing 777-200, ini cukup tajam, yaitu sebesar 16 persen.

ekonomi, info saham, saham mas, artikel ekonomi, dampak

Pelemahan ini juga dipicu dari hasil penyelidikan yang dilakukan beberapa negara yang belum menemukan apa-apa setelah 36 jam pencarian. Banyak pelaku pasar beranggapan bahwa akan ada penurunan jumlah pelanggan perusahaan ini setelah ada kejadian ini. Hal ini yang menjadi salah satu faktor pemicu turunnya nilai saham MAS.

Sebelumnya, harga saham MAS diperdagangkan di nilai yang cukup tinggi. Pada perdagangan Jumat pekan lalu, harga saham maskapai penerbangan ini mencapai 0,25 ringgit per saham. Setelah terjadinya peristiwa ini, nilai saham MAS turun menjadi 0,21 ringgit per saham di Bursa Kuala Lumpur.

Pada pembukaan Senin lalu, terjadi peningkatan nilai saham MAS. Pada pukul 08.54 WIB, saham MAS bergerak naik menjadi 0,225 ringgit per saham atau 10 persen lebih rendah dari penutupan Jumat pekan lalu. Meskipun terjadi kenaikan, akan tetapi tidak terlalu signifikan. Hal ini menggambarkan bahwa saham MAS belum sepenuhnya normal.

Penuruan nilai saham MAS ini tidak hanya terjadi pada pekan ini setelah adanya kejadian hilangnya salah satu pesawat mereka. Hal ini sudah terjadi selama satu tahun terakhir.

Salah satu pemicu penurunan nilai saham MAS adalah kerugian yang cukup besar. Kerugian diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya adalah naiknya harga bahan bakar. Selain itu, jumlah pegawai yang terus meningkat juga menurunkan kinerja perusahaan.

Sedangkan dari sisi analis, ada beberapa faktor yang mengakibatkan memburuknya kinerja MAS. Contohnya, campur tangan pemerintah, pengelolaan manajeman yang buruk dan lainnya.

Kerugian yang tercatat mencapai 2,5 miliar ringgi atau 767 juta dollar AS pada 2011 karena naiknya harga bahan bakar. Tahun 2012, perusahaan ini juga tetap merugi, meskipun pada 2013, ada rencana untuk mengembangkan perusahaan dari pihak MAS.

Meskipun demikian, ada beberapa pencapaian yang berhasil dicapai oleh perusahaan ini. Salah satunya adalah pencapaian nilai saham MAS tertinggi pada 6 Mei 2013, yang mencapai 0,455 ringgit per saham.

ekonomi, info saham, saham mas, artikel ekonomi, dampak

BACA JUGA:

Tips Memilih Sekuritas Saham Yang Terpercaya

Harga Perdana Reksa Dana SMinfra18 yang Menggembirakan

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *