Teropong Bisnis | Homepage
Bursa Saham AS Membaik, IHSG Melaju Positif

Bursa Saham AS Membaik, IHSG Melaju Positif

0 Comments 🕔18.Jun 2013

Bursa-Saham-AS-Membaik-IHSG-Melaju-Positif-2

Menjelang akhir pekan kemarin, bursa saham AS sudah mulai menunjukkan pergerakan yang positif sehingga hal ini tentu memberikan angin segar untuk bursa saham Asia, termasuk untuk bursa Jakarta (IHSG) yang selama ini juga turut merasakan imbasnya. Hal ini disambut sukacita oleh para pelaku pasar karena mengasumsikan imbas positif ini akan membantu memperkuat saham – saham di BEI. Paling tidak, hal ini dapat menjadi penyeimbang efek negatif dari kenaikan BI Rate. Pada kenyataannya, para pelaku pasar banyak yang mengakumulasi kembali saham – saham yang harganya sudah rendah. Sementara itu di lain pihak pasar asing diharapkan dapat mengurangi tekanan jual sehingga keadaan IHSG pun tidak akan semakin terpuruk. Selain itu, bursa saham Eropa yang positif juga semakin menambah kekuatan IHSG untuk memperkuat kedudukannya. Dalam sepanjang prosesi perdagangan, IHSG berhasil menyentuh level tertinggi pada level 4777,09 menjelang pre closing dan level terendahnya menyentuh level 4647,74 di awal 1 yang berakhir pada level 4760,74. Selain itu, volume perdagangan yang menurun juga menyebabkan nilai total transaksi mengalami penurunan.

IHSG Naik Cukup Tajam

Pada bursa hari Senin (17/6) IHSG diperkirakan akan berada di support 4635 sampai 4668 dan resistance pada 4785 sampai 4827. Pola pergerakan akan seperti separating lines di atas LBB (Lower Bollinger Bands). MACD berusaha untuk naik dengan histogram negatif yang nampak memendek. Stochastic, RSI, dan William’s %R mencoba upreversal dari oversold. Laju IHSG akhirnya dapat kembali mencapai target resisten antara 4682 sampai 4700 atau bahkan melampauinya. Jadi, secara pola teknikal, IHSG seharusnya masih mampu melanjutkan kenaikannya. Apalagi, harga – harga saham saat ini juga masih rendah. Perkiraan ini nampaknya benar karena bursa hari ini ditutup dengan IHSG yang naik tajam sebesar 3,32 persen ke level 4760.

Tekanan Jual Asing Melemah

IHSG ditutup naik ditengah aksi jual yang masih terus dilakukan di bursa asing. Total penjualan bersih di bursa reguler berhasil menembus angka 454 milyar rupiah. Jika dibandingkan dengan penjualan selama 2 hari terakhir, angka tersebut sudah nampak banyak berkurang. Salah satu sorotan utama bagi para pelaku pasar hari ini adalah keputusan resmi terkait kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) pada rapat paripurna. Penolakan keras dari berbagai pihak masih akan terus membayangi keputusan kenaikkan BBM walaupun kemungkinan besar harga BBM pasti akan naik. Sementara itu sentimen dari regional masih belum begitu kondusif. Hari ini IHSG diperkirakan akan konsolidasi untuk menguji level 4800 poin. Namun sentimen regional masih belum begitu mendukung sehingga menyebabkan pasar juga masih ragu – ragu. Sedangkan IHSG sendiri diprediksi akan bergerak di level 4652 sampai 4858.

Bursa-Saham-AS-Membaik-IHSG-Melaju-Positif-3

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *