Teropong Bisnis | Homepage
Buka Peternakan Sapi Di Australia, Salah Satu Solusi Pemenuhan Kebutuhan Daging Sapi

Buka Peternakan Sapi Di Australia, Salah Satu Solusi Pemenuhan Kebutuhan Daging Sapi

0 Comments 🕔04.Aug 2013

Ada berbagai masalah ekonomi yang semakin pelik saja, mungkin anda juga mengikuti perkembangan ekonomi di Indonesia saat ini. Memang, masalah ekonomi menjadi sesuatu yang cukup sulit sekarang ini. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab dari adanya masalah-masalah tersebut, terlebih untuk industri pangan dan juga kebutuhan pokok. Tentu sudah banyak usaha pemerintah yang dilakukan guna menjembatani masalah tersebut.

Salah satu masalah ekonomi tanah air yang sudah terjadi beberapa lama ini dan belum menemukan titik solusinya adalah harga daging sapi yang tak kunjung normal juga. Hal ini menjadi sorotan pemerintah akhir-akhir ini sehingga pemerintah pun mencoba beragam jalan untuk menstabilkan harga daging sapi tersebut. Meskipun sudah ada beberapa cara yang dicoba namun harga daging sapi tak kunjung stabil juga.

Buka-Peternakan-Sapi-Di-Australia-Salah-Satu-Solusi-Pemenuhan-Kebutuhan-Daging-Sapi-2

Beberapa cara yang telah dicoba pemerintah salah satunya adalah mengimpor daging sapi beku dari beberapa negara dengan harga yang lumayan murah. Selain itu, pemerintah juga tentunya melakukan quality control untuk daging-daging impor tersebut. Selain harus benar-benar sehat dan layak konsumsi, ke-halal-an daging tersebut juga menjadi salah satu kriteria kelayakan daging. Namun, tetap saja cara ini menemui kendala dan tak efektif menyelesaikan masalah tingginya harga daging sapi.

Import Sapi dari Australia

Selain dengan cara mengimpor daging beku dari luar dan dari beberpa negara, pemerintah juga mengambil kebijakan lainnya, yakni dengan mengimpor sapi-sapi dari Australia. Hal ini baru-baru ini dilakukan. Tujuannya adalah agar harga daging sapi dapat ditekan sedemikian rupa karena harga sapi-sapi tersebut cenderung lebih murah dari sapi lokal. Usaha ini dinilai belum menemukan titik keberhasilan. Meskipun begitu, sudah terlihat sedikit kemajuan.

Hal ini menjadi solusi yang menggantikan solusi daging sapi beku impor yang tak juga efektif menekan harga daging sapi dan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Indonesia. Jadi, impor sapi dinilai mungkin bisa menjadi solusi yang lebih efektif karena sapi yang masih hiduplah yang diimpor, sehingga kualitas dagingnya pun dianggap lebih bagus dan lebih segar dibandingkan dengan daging sapi beku.

BUMN Kelola Peternakan Sapi di Australia

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi di tanah air dan guna menekan harga daging sapi yang semakin melambung tak terkendali, pemerintah pun memiliki rencana baru. Rencana tersebut adalah rencana untuk membuka peternakan sapi di Australia yang nantinya akan dikelola oleh BUMN. Dengan begitu, harga sapi diharapkan bisa lebih terkendali dan juga bisa lebih memenuhi kebutuhan akan daging sapi di dalam negeri.

Ada dua kandidat yang salah satunya akan membeli dan mengelola peternakan sapi di Australia, yaitu antara PT. RNI atau Rajawali Nusantara Indonesia ataukah PT. Mega Eltra. Sebelumnya Bulog juga menjadi salah satu kandidatnya, namun Bulog tidak lagi ada dalam daftar kandidat karena Bulog diminta agar fokus saja ke pengadaan beras nasional, sehingga hasilnya juga lebih baik untuk perekonomian dan pangan nasional.

Buka-Peternakan-Sapi-Di Australia-Salah-Satu-Solusi-Pemenuhan-Kebutuhan-Daging-Sapi-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *