Teropong Bisnis | Homepage
BI Rate Masih Di Angka 7,5%

BI Rate Masih Di Angka 7,5%

0 Comments 🕔14.Feb 2014

Hari ini rapat bulanan Bank Indonesia digelar. Rapat bulanan ini diselenggarakan oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia yang kabarnya akan membahas seputar kondisi perekonomian Indonesia serta solusi-solusinya, Pada kesempatan rapat Dewan Gubernur  Bank Indonesia di tahun 2014 ini, Bank Indonesia selaku bank sentral Indonesia tidak akan mengubah nilai suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate). Seperti yang Anda ketahui, BI Rate masih berada di angka 7,5%. Angka ini masih sama dengan angka BI Rate beberapa bulan terakhir.

Destry Damayanti selaku Chief Econom PT Bank Mandiri memprediksikan bahwa tidak akan ada kenaikan BI Rate menjadi lebih dari angka 7,5% karena nilai rupiah dan laju inflasi terlihat stabil dan aman. Selain itu, pertimbangan lainnya mengapa tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia tidak mengalami kenaikan adalah karena perlambatan domestik ekonomi dinilai sudah cukup dalam. Pertumbuhan kredit juga dianggap sudah melambat.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Aviliani, Sekjen Komite Ekonomi Nasional, yang mengatakan bahwa BI Rate tak berubah. Namun Aviliani mengungkapkan alasan yang berbeda. Menurutnya,  angka BI Rate tetap dipengaruhi oleh adanya faktor inflasi. Ia menjelaskan bahwa di awal tahun 2014 ini memang terjadi kenaikan inflasi. Namun kenaikan ini masih tergolongs normal dan tidak berpengaruh pada BI Rate secara signifikan.

BI rate, ekonomi, suku bunga, bank indonesia

Pendapat yang sedikit berbeda diutarakan oleh CEO Bank Tabungan Negara, Prasetyoko. Beliau berpendapat bahwa BI Rate diperkirakan akan turun meski hanya prediksi saja. BI Rate diperkirakan turun sekitar akhir tahun 2014 ini. Turunnya BI Rate, menurut Prasetyoko, cenderung disebabkan karena faktor perekonomian Indonesia yang akan membaik di akhir tahun ini.

Prasetyo memperkirakan laju penurunan BI Rate terjadi sekitar semester II. Ini adalah waktu tercepat, menurutnya. Penurunan BI Rate juga kemungkinan besar terjadi setelah Pemilu Presiden dan Wakil Presiden bulan April 2014 mendatang. Prasetyo begitu yakin dengan prediksinya ini. Menurutnya hasil dari menurunnya BI Rate di setelah bulan April mendatang akan berdampak positif  baik untuk secara ekonomi maupun politik.

BI Rate, seperti yang kita ketahui, diputuskan oleh pihak Bank Indonesia masih pada angka 7.5% , sedangkan untuk landing facility, angka BI Rate berada di level 7.5%.  Sementara itu, fasilitas simpanan BI  (Fasbi) masih bertahan di level 5,75%. Kenaikan BI Rate yang terjadi beberapa bulan yang lalu berdampak pada beberapa sektor. Salah satunya adalah sektor IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) yang mana BI Rate ini menjadi penentu prediksi Indeks Harga Saham Gabungan. Sektor lainnya yang terkena dampak kenaikan BI Rate adalah sektor bisnis property yang mana suku bunga KPR meningkat karena naiknya BI Rate. Pihak bank pemberi kredit menaikan suku bunga KPR karena bank tak ingin rugi.

 BI rate, ekonomi, suku bunga, bank indonesia

BACA JUGA:

Muhammad Lutfi Gantikan Gita Wirjawan

 

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *