Teropong Bisnis | Homepage
Bayar Pensiunan Ternyata Pakai Anggaran Belanja Pegawai!

Bayar Pensiunan Ternyata Pakai Anggaran Belanja Pegawai!

0 Comments 🕔19.Aug 2013

Saat ini nih kita sendiri tahu kalau jumlah pegawai yang pensiun setiap bulannya emang meningkat. Ya mereka pensiun karena sudah tua. Pensiunan ini ternyata juga masih memberatkan APBN lho. Kenapa begitu? Yang namanya pensiunan kan mereka ini tidak bekerja tapi tetap diberi dana pensiunan setiap bulannya. Pernahkah Anda bertanya dari mana anggaran untuk membayar para pensiunan selama ini?

Bayar-Pensiunan-Ternyata-Pakai-Anggaran-Belanja-Pegawai-!-2

1/3 Alokasi Dana APBN untuk Pensiun

Kalau Anda tidak pernah berpikir atau bertanya tentang hal ini mungkin saja Anda tidak peduli walaupun itu merugikan Anda selama ini. Ternyata anggaran untuk membayar pensiunan itu datang dari APBN sebesar 30%. Ini jumlah yang sangat besar ya karena jumlah pensiunan juga sangat besar saat ini. Banyak yang belum tahu kalau 1/3 dari dana APBN ini habis hanya untuk membayar orang yang sudah tidak produktif lagi.

Ini tentu harus dipikirkan ulang. Seharusnya, dana APBN itu lebih bisa dihemat. Bagaimana cara menghematnya? Salah satunya dengan menghentikan alokasi dana buat para pensiunan yang sebenarnya udah tidak produktif lagi. Bisa aja kan dikasih solusi lainnya yang tentunya bakalan mengurangi beban dari APBN itu sendiri.

Memang sudah diatur kalau APBN itu menampung biaya hari tua 100%. Ini dia yang sudah tidak sejalan dengan tuntutan jaman saat ini. Harusnya kan peraturan itu selalu mengikuti jaman dan tuntutan yang ada saat ini. Kalau terus-terusan duit dipotong 30% cuma untuk membayar pensiunan ya sudah tentu duit belanja pegawai akan amat sangat kurang. Lebih parah kalau emang itu harus digunakan untuk belanja hal penting.

Tahun ini nih, APBN sendiri memberikan dana Rp 220 triliun buat membayar pensiunan. Sebenarnya kalau banyak orang yang demo karena anggaran belanja naik tentunya karena mereka ini tidak tahu kalau APBN buat menanggung pensiunan yang semakin lama juga semakin banyak jumlahnya. Jadi jangan asal demo tanpa mencari tahu alasannya. Kalau demo tidak tahu masalahnya ya jadi tidak update.

Solusi APBN Seimbang

Bagaimana caranya APBN bisa tetap digunakan buat belanja sekaligus menanggung dana pensiunan yang kini jumlahnya naik terus kalau tidak dengan menaikkan APBN? Seharusnya pemerintah bisa memberikan solusi yang lebih baik dari itu. Misalnya dengan memberikan pesangon kepada pensiunan. Sehingga ini akan mengurangi APBN dalam waktu yang lama.

Pemerintah bisa juga memberikan pesangon dengan metode tertentu. Tentunya dengan jumlah yang juga sesuai. Dengan begitu pesangon bakalan dibayarkan sekali saja. Tidak perlu menunggu sampai istrinya meninggal atau suaminya meninggal baru berhenti membayar pensiunan. Kalau begini terus anggaran akan meningkat terus dari tahun ke tahun.

Selain pemerintah harus memikirkan solusi buat APBN ini, pemerintah juga harus mulai memikirkan tentang BPJS. Dengan dua hal ini aja pemerintah dan Negara sudah akan semakin berat dalam mengatur anggarannya. Ini sangat berbahaya kalau tidak dicari solusinya. Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat APBD jadi tidak dipusatkan dengan APBN pusat saja.

Bayar-Pensiunan-Ternyata-Pakai-Anggaran-Belanja-Pegawai-!-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *