Teropong Bisnis | Homepage
Bank Indonesia Sudah Pasti Menaikkan Suku Bunga Acuan

Bank Indonesia Sudah Pasti Menaikkan Suku Bunga Acuan

0 Comments 🕔14.Jul 2013

Agaknya keputusan gubernur bank Indonesia untuk menaikan suku bunga acuan sudah bulat. Ini juga yang nantinya akan berimbas pada kenaikan bunga bagi layanan perbankan yang ada di Indonesia. Dikabarkan bahwa hal ini akan mengakibatkan kredit di sektor sepeda motor dan kredit rumah terancam mengalami kenaikan. Bagi Anda yang sering menggunakan layanan perbankan, untuk saat ini agaknya berpikir dua kali sebelum melakukannya. Karena suku bunga yang naik tersebut, jelas tidak akan menguntungkan Anda. Sebaiknya kumpulkan dulu uang Anda untuk membeli produk yang diinginkan secara cash. Membeli dan menggunakan layanan jasa kredit tentu saja akan membuat budget yang Anda miliki menjadi makin berkurang, untuk saat ini.

Bank-Indonesia-Sudah-Pasti-Menaikkan-Suku-Bunga-Acuan-2

Opini Direktur Bank BCA terkait Kenaikan Suku Bunga

Hal ini tentu saja membuat PT Bank Central Asia menyayangkan adanya kebijakan tersebut. Direktur Utama Bank BCA mengungkapkan bahwa kenaikan suku bunga bank Indonesia berimbas pada kenaikan suku bunga dari berbagai sektor layanan perbankan. Kenaikan yang sudah cukup banyak berawal di bulan Februari tahun ini, kemudian hingga bulan Juli sekarang, kenaikannya sudah mencapai angka yang besar, yakni 6,5%. Yang paling diberatkan nantinya tentu saja adalah golongan rakyat kecil yang masih mengandalkan kredit untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika kredit tersebut naik, maka bisa dipastikan pengeluaran yang mereka miliki akan bertambah banyak pengeluarannya. Kenaikan bunga juga agaknya bakal menyerang sektor kredit sepeda motor dan ini benar-benar tidak akan bisa dihindarkan, ungkap beliau.

Suku Bunga BI Diharapkan Turun untuk Beberapa Bulan Ke Depan

Beliau hanya berharap suku bunga bank Indonesia bisa turun di bulan-bulan berikutnya karena beliau memahami daya beli mayoritas rakyat Indonesia yang kebanyakan menggunakan kredit. Bagi masyarakat kelas menengah, apakah mereka akan kuat dalam mengatasi hal tersebut? Tentu saja banyak yang keberatan. Daya beli masyarakat yang saat ini sedang meningkat, bisa jadi akan mengalami penurunan jika mereka melihat suku bunga yang mencekik ini. Namun, ada beberapa masyarakat yang tentu saja akan rela melakukannya karena tuntutan kebutuhan. Dari sini bisa dilihat bahwa, kenaikan suku bunga bank Indonesia menjadi sebuah hal yang menyusahkan untuk masyarakat.

Tapi disisi lain, kenaikan tersebut menyebabkan Indonesia mengalami perbaikan di beberapa sektor lainnya. Kasus inflasi yang terjadi beberapa pekan lalu dan tidak ada penyelesaiannya, kini bisa menjadi makin tuntas dengan naiknya suku bunga BI. Ditambah lagi, nilai rupiah juga menjadi stabil dan mencapai angka yang aman untuk saat ini juga terjadi karena kebijakan tersebut. Diperkirakan bahwa pertumbuhan kredit properti yang ada di Indonesia akan semakin meningkat di masa yang akan datang, yakni hingga 20%, tetapi hal ini tentunya juga akan membuat harga kredit rumah makin mencekik pula. Para ahli ekonom banyak yang menyayangkan terjadinya hal ini.

Bank-Indonesia-Sudah-Pasti-Menaikkan-Suku-Bunga-Acuan-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *