Teropong Bisnis | Homepage
Banjir Dan Bisnis Bukanlah Sahabat Baik

Banjir Dan Bisnis Bukanlah Sahabat Baik

0 Comments 🕔26.Jan 2014

Akhir tahun 2013 yang lalu, perekonomian Indonesia digoncang dengan memburuknya keadaan perekonomian Indonesia. Hal ini diperburuk dengan melemahnya IHSG, lemahnya nilai tukar Rupiah dan inflasi yang tinggi.

Awal tahun 2014, keadan tidak jauh berbeda. Kali ini, alam yang menjadi pemeran utamanya. Banjir menjadi berita utama di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya menyebabkan kerusakan, tetapi, banjir dan bisnis terbukti bukan sahabat baik.

Bank Indoneisa (BI) memperkirakan banjir akan meningkatkan tingkat inflasi pada Januari ini. Dan, hal ini juga diamini oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Apindo bahkan merilis nilai kerugian yang cukup besar yang dialami oleh pengusaha di berbagai daerah akibat banjir ini. Menurut Apindo, kerugian yang tercatat mencapai Rp. 200 miliar.

Menurut Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi, banjir yang terjadi di berbagai daerah akan berdampak langsung pada kerugian yang diderita pengusaha. Banjir bahkan meningkatkan nilai kerugian tersebut.

Menurutnya, nilai yang disampaikan diatas memang terlihat kecil. Akan tetapi, nilai Rp. 200 miliar tersebut adalah kerugian yang diderita para pengusaha tiap harinya. Bahkan, sebelumnya, kerugian yang tercatat hanyalah Rp. 100 miliar. Dan, banjir pula yang meningkatkannya menjaid dua kali lipatnya.

Salah satu alasan mengapa banjir dan bisnis bukanlah sahabat baik adalah dampak yang diberikan oleh banjir. Banjir adalah penyebab utama terhambatnya pendistribusian barang logistik. Tentunya, hal ini berdampak langsung pada kelangsungan sebuah perusahaan. Dan, akhirnya, kerugian yang harus mereka derita.

banjir, bisnis, ekonomi, kerugian banjir,

Saat ini, para pengusaha sedang berusaha keras untuk mengatasi hal ini. Mereka berupaya agar kerugian tidak menjadi semakin besar dan mencari cara untuk menguranginya. Fokus para pengusaha saat ini adalah menyelamatkan barang yang siap kirim, tetapi terhambat oleh banjir.

Hal ini sangat berpengaruh pada usaha yang memproduksi produk yang mempunyai usia pendek. Meskipun begitu, semakin lama produk tersebut tersimpan, maka nilai dari produk itu akan turun. Jadi, dapat dikatakan semua jenis produk dan usaha akan terpengaruh karena hal ini.

Para pengusaha juga melakukan hal ini karena menurut perkiraan BMKG, musim hujan akan berada di titik terparah pada akhir Januari. Jadi, dapat disimpulkan, akhir Januari sampai awal Februari akan menjadi masa-masa krusial para pengusaha. Mau tidak mau, mereka harus menemukan cara tepat untuk pendistribusian produk agar kerugian yang mereka derita tidak menjadi besar.

Masalah ini juga berdampak pada para investor, terutama investor asing. Para investor akan ragu untuk menanamkan uang mereka di Indonesia, dengan adanya keadaan ini. Selain itu, banjir kali ini terjadi secara serempak di seluruh Indonesia. Jadi, kerugian yang diderita juga cukup tinggi.

Pada dasarnya, untuk mengatasi masalah banjir dan bisnis ini, diperlukan kerjasama semua pihak. Tidak hanya pengusaha, tetapi Pemerintah juga perlu turun langsung, agar banjir dapat teratasi dan dunia usaha dapat pulih.

banjir, bisnis, ekonomi, kerugian banjir,

BACA JUGA:

Satu Paket Masalah, Banjir Dan Tingkat Inflasi

Harga Emas Antam Terkini

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *