Teropong Bisnis | Homepage
Aset SPBU Petronas Diakuisisi Pertamina

Aset SPBU Petronas Diakuisisi Pertamina

0 Comments 🕔14.Jul 2013

Tanggal 12 Juli 2013 kemarin Pertamina (Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara) telah berhasil mengakuisisi sebanyak empat SPBU Petronas (Petrolium Nasional) dan juga satu aset lain milik PT Petronas Niaga Indonesia. Pembelian tidak dilakukan dalam sekali jadi, namun secara bertahap karena dalam prosesnya memang dilakukan secara terpisah.

Aset-SPBU-Petronas-Diakuisisi-Pertamina-2

Lima Aset Petronas Niaga Indonesia yang Telah Dibeli

Aset terakhir yang telah berhasil dikuasai Pertamina adalah SPBU Petronas yang berlokasi di Polonia Medan. SPBU tersebut  adalah SPBU keempat sekaligus aset kelima milik PT Petronas Niaga Indonesia yang telah berhasil dikuasai oleh Pertamina. Sebelumnya Pertamina juga telah berhasil mendapatkan tiga SPBU Petronas lainnya, yakni yang terdapat di Alam Sutera, Cibubur, dan BSD. Kemudian pertamina juga berhasil mengakuisisi satu aset lagi di Juanda, Surabaya, yang berupa sebuah tanah kosong.

Berita tersebut telah dikonfirmasi kepada pihak pertamina secara resmi. Bapak Suhartoko, yang merupakan Senior Vice President bagian marketing dan distribusi minyak PT Pertamina Persero telah membenarkan berita tersebut pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2013 kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Suhartoko juga menjelaskan bahwa kelima aset tersebut bukanlah aset terakhir yang dibeli oleh pertamina, namun ternyata masih ada empat aset lagi yang rencananya juga akan dirampungkan proses pembeliannya oleh Pertamina.

Pada kesempatan yang sama, Hanung Budaya yang menjabat sebagai direktur pemasaran dan niaga pertamina, mengatakan bahwa Pertamina menginginkan sembilan aset milik PT Petronas Niaga Indonesia. Kini lima aset telah berhasil didapatkan, sementara empat aset berikutnya akan segera menyusul. Menurut pernyataan dari pihak pertamina tersebut, aset selanjutnya yang akan segera dituntaskan transaksinya dalam waktu dekat ini yaitu dua buah SPBU yang ada di Dago dan Fatmawati, Bandung. Proses jual beli kedua SPBU tersebut menurut jadwal sudah akan tuntas pada minggu depan. Sementara dua aset lagi yang akan diambil alih oleh Pertamina merupakan SPBU juga, yang terletak di Pekayon dan Kali Malang.

Pasca Pembelian

Ini tentu saja bisa kita tanggapi sebagai sebuah kabar baik karena Pertamina setidaknya telah berhasil mendapatkan aset pesaing di negeri sendiri. Namun bagaimanakah langkah pertamina selanjutnya pasca pembelian aset-aset tersebut? Untuk SPBU Petronas yang telah berhasil dibeli, pihak pertamina menyebutkan akan segera melakukan perubahan logo dan nama SPBU dalam waktu dekat. Sementara untuk aset yang berupa tanah kosong, kemungkinan besar pihak Pertamina akan menggunakannya untuk kepentingan bisnis yang lain. Tidak ada keterangan resmi dari pihak Pertamina mengenai aset tanah kosong tersebut.

Jika kita melihat catatan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, PT Petronas Niaga Indonesia sebenarnya memiliki sebanyak sembilan belas SPBU Petronas di Indonesia. Namun sejumlah SPBU perusahaan minyak milik negara tetangga, Malaysia, ini telah berhenti beroperasi sejak akhir bulan Agustus tahun lalu.

Aset-SPBU-Petronas-Diakuisisi-Pertamina-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *