Teropong Bisnis | Homepage
AS Menyarankan, Jauhi Saham Rusia!

AS Menyarankan, Jauhi Saham Rusia!

0 Comments 🕔20.Mar 2014

Pertengahan tahun lalu, dunia digemparkan dengan berhentinya pelayanan pemerintah Amerika Serikat. Setelah itu, muncul lagi kebijakan yang kembali menggoyang dunia ekonomi global. The Fed akan menarik stimulus moneter mereka.

Meskipun awal tahun ini, masalah-masalah tersebut sudah dapat diatasi, kini muncul lagi masalah baru. Kali ini berasal dari Rusia. Isu yang sedang naik berkaitan hasil referendum Crimea dan situasi di Ukraina. Tentunya, hal ini juga akan mempengaruhi saham Rusia dan pelaku pasar yang menginvestasikan dana mereka disana.

Hal ini juga menjadi perhatian dari Gedung Putih. Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney menyarankan agar para investor sebaiknya berpikir ulang sebelum berinvestasi untuk saham Rusia. Adanya peristiwa Crimea dapat menjadi pemicu anjloknya harga saham Rusia. Dan, hasilnya pun dapat diprediksi, yaitu investor akan merugi.

Selain hasil referendum Crimea, sanksi yang diterapkan AS dan Uni Eropa juga menjadi salah satu alasan. Saat ini, larangan perjalanan ke Rusia sudah diberlakukan oleh AS dan Uni Eropa. Selain itu, ada beberapa aset dari pejabat Rusia dan Ukraina yang dibekukan. Pejabat-pejabat ini adalah mereka yang terlibat dalam perebutan Moskwa semenanjung Laut Hitam.

ekonomi, nilai tukar rupiah, saham, rusia, as

Dengan adanya dua kondisi atau masalah ini, maka dipastikan saham Rusia akan mengalami dampaknya. Dan, tentunya, dampak yang terjadi adalah dampak negatif.

Seperti yang kita semua tahu, salah satu hal yang mempengaruhi kondisi pasar modal suatu negara adalah faktor psikologis. Kedua masalah diatas akan membuat pelaku pasar tidak nyaman saat menyimpan uang pasar saham Rusia. Oleh karena itu, hal ini diperkirakan akan memberikan dampak besar pada nilai saham Rusia.

Hasilnya juga sudah terlihat. Harga saham Rusia jatuh menjelang diadakannya referendum Crimea.

Akan tetapi, Pemerintah Rusia rupanya tanggap akan hal ini. Mereka melakukan beberapa langkah yang dapat, setidaknya, mengangkat dan mempertahankan kondisi pasar saham Rusia.

Salah satunya adalah pengumuman Presiden Rusia Vladimir Putin. Beliau mengatakan bahwa Rusia tidak akan mengambil daerah Ukraina.

Hasilnya cukup bagus. Pada perdagangan Senin 17 Maret 2014, bursa Rusia langsung rally. Dan, hal ini mempengaruhi indeks harga saham Rusia yang juga naik hingga 2 persen pada perdagangan Selasa.

Bila melihat sanksi yang diterapkan AS dan Uni Eropa, sanksi tersebut tidak menyentuh sisi ekonomi dan bisnis negara Rusia. Jadi, banyak pelaku pasar yang rupanya masih merasa aman untuk berinvestasi di saham Rusia.

Akan tetapi, bila dilihat dari pernyataan dari Gedung Putih, hal ini mengisyarakatkan akan ada sanksi baru untuk Rusia. Dan, kemungkinan besar, sanksi ini juga akan menyentuh rana bisnis dan ekonomi Rusia.

Bila sanksi ini benar-benar dijatuhkan, maka bukan tidak mungkin nilai saham Rusia akan langsung jatuh. Dan tentunya, hal ini pula yang dikhawatirkan oleh banyak pihak.

ekonomi, nilai tukar rupiah, saham, rusia, as

BACA JUGA:

Cara Memulai Dengan Baik untuk Sukses Investasi Saham

Aksi Buyback Apple, Kepanikan Sesaat Atau Keputusan Bagus?

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *