Teropong Bisnis | Homepage
Yang Harus Ada dalam Lembar Kontrak Angel Investor

Yang Harus Ada dalam Lembar Kontrak Angel Investor

0 Comments 🕔08.Dec 2013

Sebelum memutuskan kerjasama dengan investor, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut erat kaitannya dengan beberapa klausa penting. Klausa penting ini sangat diharapkan oleh angel investor khususnya dalam lembar pengajuan modal investasi. Brian Hill menjelaskan mengenai hal tersebut.

Hal pertama yang harus dicermati dalam lembar kontrak angel investor adalah penetapan harga. Definisi harga dalam hal ini adalah percentage kepemilikan. Kepemilikan tersebut diberikan kepada investor dan nantinya dihitung sebagai valuasi post modal atau pasca investasi. Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam kontrak angel investor adalah penempatan investor yang tepat sebagai dewan direksi.

Anda harus memutuskan siapa saja investor yang memang layak untuk menempati dewan direksi. Utamakan saja investor yang memang terlihat menonjol dan mau berperan aktif. Selain itu, dalam kontrak angel investor, Anda juga harus menjelaskan jenis ekuitas secara rinci dan sedetil-detilnya. Jelaskan bahwa modal pertama biasanya merupakan saham umum khususnya untuk perusahaan baru.

Jenis saham ini adalah saham yang sama dengan yang dimiliki oleh pendiri usahanya. Jangan lupa untuk menjelaskan pula beberapa tahapan yang ada dalam perusahaan Anda tersebut. Contohnya, investor diperbolehkan memberikan dana mereka dalam beberapa tahapan. Tahapan tersebut harus menjadi tolak ukur dan sudah disepakati bersama.

Hal ini sangat dianjurkan karena dapat mengurangi risiko investasi. Sayangnya, cara ini juga memberikan tekanan yang cukup tinggi bagi pemilik bisnis atau perusahaan. Keterangan lain yang harus ada dalah lembar kontrak tersebut adalah mengenai perlindungan dilusi. Dalam klausa ini tujuannya adalah melindungi harga konversi saham milik angel investor sendiri.

Hal ini dilakukan sebelum pendanaan tambahan diberikan. Dari kebanyakkan kasus investasi, hal semacam ini memang tidak bisa dielakkan dan umum terjadi. Intinya, Anda harus menjelaskan sedetail mungkin agar investor sepakat dan tidak ada masalah di kemudian hari. Dalam kontrak angel investor dijelaskan pula mengenai hak-hak.

Salah satu haknya adalah hak untuk melakukan penolakan pertama. Hal ini perlu dipertegas khususnya saat angel investor berencana menjual sahamnya. Biasanya saham harus dijual ke angel investor lain sebelum dijual ke pihak luar atau pihak lain. Dengan begitu, angel investor akan memiliki komitmen dan rasa kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan yang mereka beri dana.

Pastinya mereka tidak ingin melihat perusahaan yang mereka beri dana tidak karuan dan berujung pada kebangkrutan.  Hal terakhir yang harus Anda masukkan dalam kontrak angel investor adalah preferensi likuidasi. Preferensi ini biasanya mewakili keinginan para investor. Tentu saja, mereka ingin mendapatkan apa yang sudah disepakati di awal.

Ini menjadi tugas Anda untuk menjelaskan dengan tepat tanpa ada satu pihak pun yang dirugikan. Semoga dengan penjelasan ini, proses berinvestasi semakin lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *