Teropong Bisnis | Homepage
Utang Dolar Korporasi Berpotensi Turunkan Nilai Mata Uang Rupiah

Utang Dolar Korporasi Berpotensi Turunkan Nilai Mata Uang Rupiah

0 Comments 🕔10.Apr 2014

BI ( Bank Indonesia) saat ini mengaku khawatir dengan keadaan utang luar negeri atau ULN pihak swasta yang telah melampaui utang luar negeri pemerintah. Hal itu terlihat dari data yang diperoleh sampai akhir tahun 2013 kemarin, utang luar negeri swasta telah mencapai angka yang fantastis yaitu sekitar USD 141 miliar. Sementara itu utang luar negeri pemerintah sekitar USD 124 miliar. Angka ini tentu menunjukkan bahwa utang luar negeri swasta jauh lebih banyak daripada utang luar negeri pemerintah dengan selisih kurang lebih mencapai USD 17 miliar.

“Utang luar negeri saat ini, khususnya dari pihak swasta memang meningkat cukup drastis sehingga ini menjadi fokus utama kami yang paling dalam karena telah melebihi nilai utang lur negeri pemerintah,” tutur Tirta Segara selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia saat ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jakarta pada hari Selasa kemarin (8/4)

Menurut pernyataan Tirta, dampak yang akan ditimbulkan oleh nilai utang luar negeri swasta yang besar dikhawatirkan dapat menimbulkan gejolak terhadap nilai tukar mata uang rupiah Indonesia terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Menurut Tirta, jika pertumbuhan utang luar negeri swasta dibiarkan terlalu cepat, utang – utang di luar negeri harus segera dilunasi.

nilai tukar rupiah, ekonomi, utang dolar, rupiah, mata uang rupiah

“Jika utangnya valas, bayarnya tentu dengan valas juga. Sementara itu penghasilan valas itu sendiri diperoleh dari pengiriman komoditi ke luar negeri atau ekspor. Namun jika ekspor negara kita belum kuat, permintaaan dan penawaran tentu menjadi tidak seimbang. Diperlukan sumber, tetapi jika sumber – sumber untuk pembayaran masih belum kokoh, dalam titik tertentu akan menimbulkan gejolak nilai tukar mata uang rupiah dan berdampak pada bidang lainnya,” lanjut Tirta.

Tirta sendiri juga mengakui bahwa walaupun utang luar negeri swasta ini untuk jangka panjang dan loan aggrement serta tidak termasuk FDI, tetapi sebagian besar hutang init tidak dilindungi oleh nilai atau hedging. Selanjutnya pada saat dilihat dari datanya, para pengutang tersebut memiliki penghasilan dalam bentuk dollar.

“Ini yang wajib kita cermati karena setiap hari dollar terus meningkat dan mata uang rupiah semakin merosot. Jadi Bank Indonesia menghimbau agar kita harus lebih berhati – hati jika ingin melakukan utang,” imbuh Tirta.

Selanjutnya, Tirta masih mengungkapkan bahwa sebagian utang luar negeri ini jumlah yang di hedging atau dilindungi oleh nilai tidak terlalu besar. Namun BI lebih fokus dengan utang pihak swasta terkait dengan penghasilan valas dan perusahaan afiliasi anak induk.

“Jadi, utang – utang sebenarnya sudah di hedging secara natural. Kami harapannya dapat menurun. Bank Indonesia masih tetap konsen supaya swasta hati – hati dalam berutang dan mencermati kemampuannya untuk membayar. Kami juga belum dapat mengambil langkah hanya dapat menghimbau dan mengamati perkembangan ini,” tutupnya.

Sumber:http://economy.okezone.com/read/2014/04/08/20/967306/utang-dolar-korporasi-bisa-amblaskan-rupiah

nilai tukar rupiah, ekonomi, utang dolar, rupiah, mata uang rupiah

BACA JUGA:

Kondisi Ekonomi Indonesia Setelah Keputusan The Fed

Sayonara untuk Australia dari Philip Morris

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *