Teropong Bisnis | Homepage
Usulan Pajak Mobil Murah Jokowi Ditentang Menteri Perindustrian

Usulan Pajak Mobil Murah Jokowi Ditentang Menteri Perindustrian

0 Comments 🕔16.Sep 2013

Baru-baru ini santer terdapat kabar akan adanya penjualan mobil murah di Indonesia. Menurut berita dari berbagai media massa, menurut berita tersebut masyarakat Indonesia akan bisa membeli mobil hanya dengan mengeluarkan dana minimal sekitar 50 juta rupiah. Murah sekali bukan, hanya dengan mengeluarkan uang 50 juta setiap orang bisa membawa pulang mobil. Menanggapi keberadaan hal ini Gubernur DKI, Joko Widodo yang lebih tenar dengan nama Jokowi mengusulkan pengadaan pajak mobil murah.

Pengadaan pajak tersebut diusulkan untuk menekan semakin banyaknya jumlah mobil yang akan semakin membanjiri Jakarta dengan keberadaan mobil yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau tersebut. Kemacetan memang sudah menjadi momok parah di Jakarta sehingga penjualan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) ditakutkan akan justru semakin memperparah macet yang terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. Memang logika jika LCGC diluncurkan maka tidak akan terhitung berapa banyak mobil yang bertambah di seluruh wilayah di Indonesia.          

 4.Usulan Pajak Mobil Murah Jokowi Ditentang Menteri Perindustrian.1

Menanggapi usulan pengadaan pajak mobil murah ini Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menyatakan ketidaksetujuannya. Menurutnya kekhawatiran Jokowi akan bertambahnya kemacetan paska peluncuran LCGC ini terlalu berlebihan karena LCGC lebih diperuntukkan bagi masyarakat dengan ekonomi pas-pasan yang ingin memiliki mobil. Dengan demikian menurutnya jika pajak tersebut diberlakukan maka rakyat kecil akan kesulitan untuk membayar pajaknya. Ketika diwawancarai pada hari Kamis, 12 September kemarin di Jakarta, MS Hidayat lebih setuju jika pajak diberlakukan secara progresif untuk orang yang memiliki mobil pertama, kedua, dan seterusnya atau untuk mobil dengan cc tertentu. Menurut Menteri Perindustrian usulan tersebut dinilai lebih adil daripada memberlakukan pajak khusus untuk mobil murah.

Secara ekonomis memang LCGC ini dapat menjadi prospek yang sangat menjanjikan bagi para produsen mobil. Tentunya dengan sifat masyarakat Indonesia yang sangat konsumtif maka mobil murah tersebut akan menjadi sangat laris manis bak kacang goreng. Namun agaknya daripada menajamkan insting konsumtif masyarakat Indonesia, perlu juga dipikirkan upaya untuk mecegah kemacetan yang sudah semakin parah di tanah air, entah itu dengan melalui pajak mobil murah atau berbagai cara lainnya yang dinilai lebih efektif.

usulan kenaikan pajak jokowi

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *