Teropong Bisnis | Homepage
Turun! Harga Emas Ikut Harga Dollar

Turun! Harga Emas Ikut Harga Dollar

1 Comment 🕔28.Dec 2013

Anda ingin berinvestasi? Maka ada banyak pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Emas salah satunya.

Emas dipandang sebagai salah satu investasi yang paling menjanjikan karena nilainya yang terus naik. Memang, beberapa saat yang lalu, harga emas sempat turun karena nilai dollar AS yang terus menguat. Dan, bahkan banyak pelaku pasar emas bagaikan kacang goreng saat itu.

Tetapi, seperti diprediksi banyak analis, nilai emas kembali menguat. Hal ini tampak pada perdagangan postholiday akhir tahun ini. Banyaknya pelaku pasar yang meninggalkan pasar pada akhir tahun ini menjadi salah satu penyebab menguatnya nilai emas.

Selain itu, nilai dolar AS yang juga melemah menjadi salah satu faktor yang menguatkan nilai emas. Hal ini membuat investor tertarik untuk membeli emas yang membuat harganya naik.

Naiknya harga emas ini juga tampak pada data pengiriman emas untuk bulan Februari. Tercatat, ada kenaikan sebesar US$9 per ons atau naik sebesar 0,8% menjadi US$ 1.212,30 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange. Berita ini dilansir Wall Street Journal pada Jumat, 27 Desember 2013.

Sedangkan untuk perdagangan emas berjangka, terlihat masih stabil. Meskipun, banyak pasar modal di Eropa yang tutup dan investor yang libur untuk Natal dan Tahun Baru, dapat dikatakan perdagangan emas ini masih stabil.

harga emas

Meskipun perdagangan emas berjangka stabil atau tenang, tetapi ada penurunan yang tercatat. Menurut data Comex, terjadi penurunan sebesar 70% antara 20 Desember dan 24 Desember.

Menurut George Gero, Wakil Presiden Senior RBC Capital Markets Futures Global, keuntungan yang didapat dari emas berasal dari para investor yang berinvestasi dengan modal sedikit pada akhir tahun ini. Dan, hal ini menyebabkan harga emas yang meningkat beberapa hari terakhir ini. Kondisi emas saat ini bahkan tidak terpengaruh jumlah kontrak terbuka berjangka yang menurun.

Bila Anda sedang ingin berinvestasi emas, kondisi diatas dapat menjadi sinyal bagus. Daripada Anda bullish baru, Anda dapat mencoba menanamkan modal pada emas dengan harga yang lebih rendah. Hal ini karena posisi rendah atau pendek ini sedang diminati dan akan banyak orang yang membeli kembali.

Meskipun saat ini adalah saat yang bagus, karena harga emas mengalami penurunan tahunan pertama dalam 13 tahun, tetapi, Anda juga harus tahu. Harga emas di Comex turun sebesar 28%  tahun ini. Mungkin Anda dapat memasukkannya dalam pertimbangan Anda sebelum Anda berinvestasi dengan emas.

Selain itu, indeks dollar AS yang turun dari level 80,608 ke 80,491 menjadi kesempatan untuk Anda. Bila Anda menggunakan mata uang selain dollar, maka harga emas akan jauh lebih murah untuk Anda yang artinya awal bagus untuk investasi emas Anda.

harga emas

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

1 Comments

  1. 🕔 8:50, 28.Dec 2013

    Afrid Fransisco

    emas bukan pilihan yg baik untuk berinvestasi karena diluar angkasa banyak sekali emas

    reply comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *