Teropong Bisnis | Homepage
Trik Jitu Investasi Emas

Trik Jitu Investasi Emas

0 Comments 🕔17.Oct 2013

Salah satu investasi jitu adalah investasi emas. Sebagai pembuktian, coba bandingkan rata-rata harga emas pada periode tertentu. Umumnya, nilainya tidak akan jauh berbeda dan akan berkisar 250 gram emas murni 24 karat. Harga emas juga cenderung naik mengikuti perkembangan zaman.

Sebelum melakukan investasi emas, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Pertama, ada baiknya tidak menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek. Hal ini karena jual beli emas dalam jangka yangpendek kurang memberikan keuntungan yang besar. Tidak peduli jika harga emas cenderung naik, tetap investasikan emas Anda untuk jangak panjang agar memperoleh hasil yang maksimal.

Intinya, lebih lama waktu kepemilikan emas biasanya harga juga akan semakin tinggi. Kedua, boleh saja bila Anda ingin berinvestasi dalam bentuk perhiasan. Tapi, Anda harus memahami bahwa investasi bentuk ini akan mengurangi nilainya karena adanya biaya pembuatan perhiasan itu sendiri. Sebaliknya, saat Anda menjual emas dalam bentuk perhiasan maka ongkos pembuatan tidak akan dimasukkan dalam hitungan.

Salah satu trik untuk menjaga harga emas dalam bentuk perhiasan agar tetap tinggi adalah dengan membeli perhiasan dengan kadar emas 24 karat. Melihat penjelasan kedua tersebut, ada baiknya untuk memilih berinvestasi pada emas batangan murni dengan kadar 24 karat khususnya jika Anda memiliki dana lebih. Ini merupakan trik jitu investasi emas kaarena harga emas batangan akan cenderung naik mengikuti harga pasar internasional. Setidaknya, tingkat kenaikan harganya bisa kita pantau dengan mudah.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyimpan sertifikat pembelian emas. Pembelian emas secara resmi akan mendapatkan sertifikat asli. Walaupun terlihat remeh tapi dengan adanya sertifikat asli maka penjual atau pembeli akan merasa lebih yakin dengan nilai dan harga emas yang ditransaksikan tersebut.  Jangan lupa untuk memastikan pula legalitas dan kredibilitas tempat melakukan transaksi.

Untungnya, Indonesia sudah memiliki beberapa perusahaan legal yang mengeluarkan produk emas dengan sertifikat asli bahkan diakui secara internasional. Tentunya, emas dengan sertifikat internasional akan lebih terjamin nilainya khususnya jika ingin kita jual di masa yang akan datang. Lebih jauh lagi, Anda harus memastikan keamanan emas yang Anda investasikan tersebut. Hal ini terkait dengan mudahnya emas dicuri dan dijual kembali.

Jika mempunyai dana lebih, sebaiknya Anda menyimpan emas dalam safe deposit box yang bisa Anda sewa di bank. Alternatif lainnya adalah dengan mendaftarkan barang-barang berharga termasuk emas Anda pada program asuransi kerugian.

Kesimpulannya, investasi emas memang tampak mudah dengan hasil yang menggiurkan namun Anda juga perlu menjalan strategi khusus agar nantinya investasi ini bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Dengan menerapkan trik di atas, kemungkinan besar investasi emas Anda akan aman. Pada saatnya nanti, Anda akan terkejut dengan hasil yang Anda dapatkan dari investasi jenis ini.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *