Teropong Bisnis | Homepage
The Fed Bilang Emas Sedang Tertekan

The Fed Bilang Emas Sedang Tertekan

0 Comments 🕔26.Aug 2013

Harga Emas Menurun

Kabar buruk datang dari pasar emas pagi ini. Harga emas dunia didominasi oleh banyak penurunan. Ada spekulasi yang berpendapat bahwa penurunan ini disebabkan oleh data-data ekonomi milik Amerika Serikat yang relative lebih bagus.

Komoditas emas sendiri membukukan berbagai macam penurunan yang bervariasi, yaitu antara 0,13% sampai 0,45 %. Sementara itu, di Comex New York sendiri, emas yang akan dikirim untuk Desember naik sebesar 0,54 % atau sekitar US$ 42,43 per gramnya dan menjadi US$ 1.318.90. Terlihat ketidakstabilan harga yang cukup mengkhawatirkan.

Untuk Japanese Yen Spot sendiri, harga emas tercatat naik mencapai 129.917,06 yen atau sekitar US$ 42,43 per gramnya. Menurut Ariston Tjendra sendiri, yang sekarang sedang menjabat sebagai Kepala Riset PT Monex Investindo Futures, dalam analisa yang ia buat hari ini menyebutkan bahwa berbagai macam data-data ekonomi Amerika Serikat yang mencakup tentang data-data tenaga kerja.

Data-data tersebut disurvei oleh ADP bersamaan dengan data produk domestic bruto untuk kuartal kedua yang dirilis tadi malam. Selain itu, Ariston juga berpendapat bahwa Fed akan memiliki peluang dan tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi stimulus moneter bagi negeri Paman Sam tersebut. Ariston juga menyatakan bahwa support terdekat saat ini hanya berada di sekitaran level US$ 1.317 saja.

69.b.The Fed Bilang Emas Sedang Tertekan

Konfirmasi AS Ditunggu

Kita harus menunggu konfirmasi untuk pelemahan lanjutan, apabila terjadi, ketika konfirmasi menyatakan berada di bawah level tersebut ke area yang sedikit memprihatinkan, yaitu US$ 1.301. Ariston juga berpendapat bahwa akan adanya kemungkinan resistensi terdekat yang kira-kira akan berada pada kisaran US$ 1.325. Apabila hal yang diharapkan oleh pasar, yaitu saat emas mampu menembus kisaran level tersebut, maka diperkirakan akan mengembalikan harga posisi emas semula yaitu pada posisi US$ 1.337 sampai US$ 1340.

Ariston juga melakukan sedikit prediksi untuk hari ini. Yaitu tentang data aktifitas manufaktur dari Amerika Serikat yang kemungkinan besar dapat menjadi penggerak untuk pasar dunia. Menurut Ariston sendiri, data ini memungkinkan dunia untuk mendorong pelemahan harga dari emas itu sendiri, yang dikaitkan atau terkait ekspektasi akan pengurangan stimulus moneter dari, tak lain dan tak bukan, the Fed.

Tidak hanya ekpektasi tinggi yang diharapkan oleh pasar. Saat ini, pasar juga sedang menunggu berbagai data-data penting dari Amerika Serikat. Data-data yang diharapkan di antaranya adalah Non Farm Payrolls dan juga data-data mengenai tingkat pengangguran di Amerika Serikat yang katanya semakin meninggi.

Namun lebih baik jangan melakukan spekulasi apapun sebelum data tersebut keluar. Sejauh ini penurunan harga emas tidak memberikan dampak negative apa-apa. Walaupun demikian, penurunan ini sedikit membuat panas beberapa negara berkembang. Kita tunggu saja apa yang akan terjadi berikutnya.

 69.c.The Fed Bilang Emas Sedang Tertekan

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *