Teropong Bisnis | Homepage
Thailand, Jago dalam Hal Neraca Perdagangan

Thailand, Jago dalam Hal Neraca Perdagangan

0 Comments 🕔11.Sep 2013

Indonesia sepertinya memang masih harus belajar banyak tentang banyak hal. Indonesia memang termasuk dalam Negara yang berkembang. Beberapa hal di Indonesia memang sebaiknya diperbaiki misalnya dalam hal perdagangan. Indonesia sebenarnya bisa belajar tentang beragam hal terkait dengan perdagangan dari berbagai Negara lainnya.

Mengapa Indonesia perlu belajar tentang perdagangan? Seperti yang diketahui saat ini, neraca perdagangan di Indonesia terus mengalami penurunan atau defisit yang tentu saja sangat berdampak pada semua keadaan ekonomi secara keseluruhan. Lalu kepada siapakah Indonesia sebaiknya belajar tentang neraca perdagangan ini? Salah satu Negara yang terbaik untuk belajar tentang neraca perdagangan adalah Thailand.

Thailand Negara dengan Neraca Perdagangan Terbaik

Thailand merupakan Negara di kawasan Asia juga yang memang pernah mengalami krisis juga namun mereka telah bisa bangkit dari keterpurukan mereka. Indonesia sendiri pernah mengalami kondisi yang sangat terpuruk yakni sekitar tahun 1998. Saat itu kondisi neraca perdagangan sempat sangat rendah dan Indonesia berusaha untuk memulihkan kondisi drai keterpurukan tersebut.

Thailand memang telah melakukab berbagai upaya untuk meningkatkan ekonomi dalam negeri mereka pasca krisis, begitu juga dengan apa yang terjadi di Indonesia. Saat ini, Indonesia memang sangat diharapkan bisa meningkatkan kepercayaan para pelaku pasar. Seperti yang kita ketahui, pengendali ekonomi saat ini yang paling berperan adalah para pelaku pasar yang melakukan transaksi keuangan.

Saat ini ada dua penggerak pasar yang juga sangat mempengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri yakni penggerak pasar yang fundamental dan juga penggerak pasar yang sentimental. Banyak orang yang memberikan solusi agar pasar Indonesia melakukan diversifikasi instrumen investasi. Sebaiknya semua orang juga memindahkan saham mereka ke dalam bentuk obligasi atau deposito. Investor Protection Fund sepertinya juga harus dibentuk agar bisa melindungi dana investor di pasar saham.

Membuat Jalur Perdagangan Efisien

Banyaknya masalah yang terjadi pada sistem perdagangan dan neraca perdagangan di Indonesia dikarenakan adanya peraturan atau kebijakan yang memang belum dilakukan dengan baik. Selain membenahi sistem perdagangan yang ada, beberapa fasilitas yang ada juga sebaiknya diperbaiki. Sepertinya Indonesia perlu membangun jenis infrastuktur yang bisa digunakan untuk melacak dan juga mempermudah transaksi yang dilakukan oleh semua investor.

Selain itu solusi lainnya agar neraca perdagangan semakin meningkat, sebaiknya pemerintah memberikan insentif pajak untuk para investor agar pasar bisa terus berkembang. Pemerintah juga harus mendukung kehadiran investor dari luar karena mereka ikut serta menggerakkan pasar. Dengan melakukan beberapa upaya dan belajar dari Thailand tentang neraca perdagangan, maka neraca perdagangan Indonesia diharapakan akan segera meningkat tajam.

Sistem perdagangan yang efisien dan aman sangat diharapkan oleh para investor. Keadaan dalam negeri sebaiknya juga dibuat semakin kondusif agar semua orang mau menggunakan uangnya untuk berdagang di Indonesia. Pemerintah sebaiknya memperhatikan semuanya dengan seksama agar bisa memberikan perkembangan yang baik dan membebaskan Indonesia dari defisit.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *