Teropong Bisnis | Homepage
Surplus Serasa Tak Berarti, Defisit Neraca Perdagangan Masih Terjadi

Surplus Serasa Tak Berarti, Defisit Neraca Perdagangan Masih Terjadi

0 Comments 🕔05.Jan 2014

Seperti yang kita semua ketahui, keadaan Rupiah beberapa bulan ini dapat dikatakan memprihatinkan. Bahkan nilai tukar Rupiah sempat menyentuh angka Rp. 12.000 per dollar AS yang merupakan salah satu nilai terendah Rupiah yang tercatat.

Salah satu penyebab melemahnya nilai Rupiah ini adalah tingginya nilai impor. Tingginya nilai impor ini menyebabkan terjadinya defisit neraca perdagangan Indonesia.

Menurut Kementrian Perdagangan, tahun 2013, Indonesia mencatat nilai defisit yang cukup besar yaitu sebesar 5,6 miliar dollar AS. Meskipun pada tahun 2013 Indonesia mampu mencetak rekor surplus tertinggi, tetapi, secara kumulatif terjadi defisit pada neraca perdagangan pada Januari sampai November 2013. Jadi, hal tersebut serasa tidak terlalu berpengaruh.

Tetapi menurut Gita Wiryawan, Menteri Perdagangan, defisit yang tercatat ini bukan berarti bahwa perekonomian Indonesia akan memburuk. Gita percaya bahwa keadaan ekonomi negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan China yang semakin membaik akan membawa dampak baik bagi Indonesia. Setidaknya, kondisi tersebut dapat memperbaiki neraca perdagangan kita.

Menurut Gita, kondisi defisit yang terjadi pada neraca perdagangan ini akan masih terjadi sampai akhir tahun. Diprediksi, akhir tahun ini, nilai defisit masih di kisaran 5 hingga 6 miliar dollar AS.

neraca perdagangan, defisit negara, ekonomi, indonesia

Gita mengatakan bahwa untuk memprediksi pergerakan neraca perdagangan sangatlah sulit dan tidak jarang dia salah prediksi. Dia juga mengatakan bahwa untuk mengulangi surplus yang terjadi 11 bulan sebelumnya tidak akan mudah. Akan tetapi, bila melihat tren pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju, maka kita dapat berharap bahwa surplus ini akan berlanjut dan berlangsung lebih lama.

Penyebab utama terjadinya defisit neraca perdagangan ini dapat dikatakan karena tingginya impor minyak mentah yang masih tinggi. Meskipun ada surplus yang cukup besar dari sektor non migas, akan tetapi, hal ini tidak dapat mengimbangi besarnya impor minyak mentah. Memang, kebutuhan akan minyak mentah sangat tinggi, terutama di dunia industri. Jadi, bila tidak ada kebijakan yang lebih efektif dari Pemerintah untuk mengatur hal ini, jangan heran bila masalah defisit neraca perdagangan ini masih akan terjadi.

Menurut perkiraan Gita, defisit pada tahun ini akan tetap berada di kisaran   5 miliar dolalr AS. Hal itu juga bila harga minyak dunia masih stabil di level 95 dollar per barel dan harga komoditas non-migas naik 5 persen.

Defisit ini mungkin tidak akan berkurang terlalu banyak pada tahun 2014. Hal ini dikarenakan banyak ahli yang memprediksi akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 ini karena adanya pesta akbar dunia politik.

Tetapi, bukan berarti kondisi ekonomi Indonesia tidak akan membaik. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia. Dan, salah satunya adalah cara yang dapat mengurangi defisit neraca perdaganganyang terjadi saat ini.

neraca perdagangan, defisit negara, ekonomi, indonesia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *