Teropong Bisnis | Homepage
Suriah Memanas, Harga Minyak Naik Tajam

Suriah Memanas, Harga Minyak Naik Tajam

0 Comments 🕔08.Sep 2013

Kondisi luar negeri memang tidak bisa diprediksi. Saat ini seperti yang kita ketahui, keadaan antara Amerika dengan Suriah memang sedang tidak harmonis. Amerika bersama dengan Rusia memang sangat berkaitan erat dengan adanya serangan militer ke Suriah. Hal ini selain berdampak pada keadaan dunia pada umumnya ternyata juga memberikan dampak pada perdagangan di seluruh dunia terutama dalam hal minyak.

Semua Negara tentu membutuhkan minyak. Kini semua Negara merasa sangat keberatan dengan harga minyak dunia. Harga minyak saat ini cenderung naik tajam dan hal ini tentu saja tidak bisa dipisahkan dari keadaan Suriah yang semakin hari semakin memanas. Bahkan harga minyak berada pada tingkatan paling tinggi selama 28 bulan terakhir.

Pergerakan Harga Minyak

Seperti yang dikutip dari AFP, ternyata semenjak hari Sabtu, harga minyak jenis West texas Intermediate di Amerika Serikat harganya memang cenderung naik US$ 2,16 per barelnya dan menjadi sekitar US$ 110,53 per barel. Jika dilihat dari beberapa waktu, harga ini merupakan harga yang paling tinggi bahkan sejak bulan Mei tahun 2011. Harga minyak berbeda dan tergantung pada jenis minyaknya.

Untuk minyak dengan jenis Brent North Sea yang dijual di London, harganya juga mengalami peningkatan sekitar 86 sen. Kini harga minyak tersebut telah menjadi sekitar US$ 116,12 per barelnya. Harga-harga yang naik ini memang tak akan bisa dilepaskan dari adanya ketegangan yang terjadi saat pertemuan antara Presiden AS Barrack Obama dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kedua presiden ini memang hadir di pertemuan G-20 di Saint Petersburg.

AS memang berencana akan melakukan agresi ke Rusia karena Rusia menggunakan senjata kimia ke penduduknya sekitar bulan Agustus lalu. Perbincangan antara Putin dan Obama sebenarnya tidak dijadwalkan dan ternyata perbincangan tersebut malahan berujung pada ketegangan satu sama lainnya karena mereka berdua tetap bersikukuh pada opini mereka sendiri-sendiri.

 2.b Suriah Memanas, Harga Minyak Naik Tajam

Harga Minyak dan Suriah

Memang ada perbedaan pandangan beberapa pemimpin Negara pada pertemuan G-20 terkait rencana Amerika Serikat yang akan meluncurkan serangan militer ke Suriah. Selama ini Suriah memang tidak dikenal sebagai produsen minyak yang berpengaruh di dunia, namun dengan adanya serangan ke Suriah, sudah pasti akan ada dampak bagi beberapa Negara terutama berdampak pada harga minyak yang akan dijual ke berbagai Negara.

Banyak pihak yang merasa bahwa serangan AS ini akan lebih berpengaruh pada Negara-negara di Timur Tengah yang merupakan raja minyak dunia. Jika Negara-negara di Timur Tengah ini terganggu, sudah pasti harga minyak akan terus naik dan pasokan minyak akan terhambat. Ini hal yang sangat ditakuti oleh banyak Negara di luar dari Timur Tengah.

Indonesia yang juga masih bergantung pada pasokan minyak dari Negara Timur Tengah juga akan merasa sangat terancam dengan keadaan seperti ini. Seharusnya konflik di Suriah tidak dibiarkan lebih lama dan tidak diselesaikan dengan peperangan. Banyak yang akan menjadi korban dan banyak orang yang akan kehilangan keluarga. Selain harga minyak yang semakin tinggi, keadaan keamaan dunia akan terancam juga.

2.c Suriah Memanas, Harga Minyak Naik Tajam

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *