Teropong Bisnis | Homepage
Senjata Baru untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Senjata Baru untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia

0 Comments 🕔17.Aug 2014

Sektor infrastruktur adalah salah satu bagian penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sektor ini menjadi pendukung bahkan dapat dikatakan nadi pembangunan sektor-sektor lain. Pertambangan, industri kreatif dan lainnya tidak akan dapat berkembang tanpa adanya dukungan infrastruktur yang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan penangangan lebih baik lagi untuk pengembangan infrastruktur Indonesia di masa mendatang.

Pihak yang mempunyai kewenangan dan kewajiban dalam hal pembangunan infrastruktur adalah Pemerintah. Dalam hal ini adalah Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini juga diamini oleh Dahlan Iskan, Menteri BUMN saat ini.

Menurut Dahlan Iskan, peran perusahaan yang berada di bawah naungan BUMN akan semakin besar. Hal ini dikarenakan pembangunan infrastruktur akan menjadi salah satu fokus utama pembangunan Indonesia.

Selain itu, menurut APBN terbaru, dana yang dianggarkan untuk pembangunan infrastruktur sangat terbatas. Bahkan jumlah dana yang tersedia di APBN tidak mencukupi kebutuhan pembangunan infrastruktur Indonesia di masa mendatang.

Karena keterbatasan dana APBN ini, peran perusahaan-perusahaan BUMN akan sangat dibutuhkan. Merekalah yang akan menjadi pilar pembangunan infrastruktur Indonesia di masa mendatang. Dahlah Iskan juga percaya bahwa perusahaan-perusahaan BUMN akan mampu melakukan peran ini. Hal ini dikarenakan, perusahaan-perusahaan BUMN tergolong kuat dan besar, serta mampu.

Bila dipandang dari sisi permodalan yang dimiliki perusahaan-perusahaan BUMN ini, maka semakin tampak kemampuan perusahaan BUMN. Semua perusahaan BUMN saat ini mempunyai kondisi dan permodalan yang baik. Hal ini sangat tepat untuk digunakan dalam kebutuhan pembangunan infrastruktur Indonesia.

Yang perlu dilakukan saat ini adalah koordinasi dan integrasi yang baik antara Pemerintah dan perusahaan-perusahaan BUMN ini. Dahlan mengungkapkan diperlukan cara penunjukan dan penugasan yang tepat agar semuanya berjalan lancar. Dan, penggunaan perusahaan-perusahaan BUMN sebagai pendukung pembangunan infrastruktur Indonesia dipandang sangat tepat. Pilihan ini menjadi solusi paling fleksibel yang dapat digunakan Pemerintah.

Langkah penunjukkan perusahaan BUMN untuk pembangunan infrastruktur Indonesia sudah mulai diterapkan saat ini. Salah satu contohnya adalah pembangunan jalan tol trans Sumatera.

Pembangunan jalan tol ini menjadi salah satu pembangunan infrastruktur yang pendanaan dan proses pembangunannya dilakukan sepenuhnya oleh BUMN. Tetapi, Dahlan mengungkapkan bahwa pengerjaan proyek ini belum mengalami perkembangan yang signifikan. Menurutnya, pihaknya masih menunggu izin untuk melakukan pembangunan dari Pemerintah.

Satu hal yang pasti, penunjukkan perusahaan BUMN dapat menjadi pemicu berkembangnya dunia industri di Indonesia. Akan ada persaingan sehat yang terbentuk, dan perusahaan diluar BUMN akan berlomba dalam hal ini.

Dengan demikian, dunia industri di Indonesia akan semakin berkembang. Dan, hal ini akan membawa dampak baik bagi perekonomian Indonesia di masa mendatang. Dengan berkembangnya dunia industri di Indonesia, pembangunan infrastruktur yang berhasil, maka kita semua boleh berharap, bila Indonesia akan maju di masa mendatang.

DAHLAN di UIN

Baca Juga :

Ekspor Batu Bara Perdana PT. Semesta Centramas, Sukses Besar!

BNI Jatuh Hati Pada Jalan Tol Trans Sumatera

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *