Teropong Bisnis | Homepage
Sembari Menunggu The Fed, Saham Wall Street Menguat

Sembari Menunggu The Fed, Saham Wall Street Menguat

0 Comments 🕔19.Sep 2013

Pada penutupan transaksi hari Selasa (17/9/2013) waktu setempat atau Rabu pagi WIB, saham-saham Wall Street di tutup menguat. Ini merupakan hasil dari meningkatnya kepercayaan investor yang lebih besar bahwa perekonomian Amerika akan dapat bertahan dari ekspektasi pengurangan pembelian obligasi Federal Reserve.

Indeks Dow Jones Industrial Average mengalami peningkatan sebesar 34,95 poin atau sekitar 0,23 persen dan ditutup pada 15.529,73. Sedangkan indeks S&P 500 mengalami penambahan dari 7,16 poin (0,42 persen) menjadi 1.704,76.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq mengalami penguatan 27,85 poin, dari 0,75 persen menjadi 3.745,70. Posisi penutupan tertinggi yang bisa dicapai sejak bulan September tahun 2000.

Sebagian pengamat pasar memperkirakan The Fed akan mulai mengurangi program pembelian obligasi 85 miliar dollar AS per bulan sebagai hasil pertemuan dua hari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang jadwalnya berakhir pada hari Rabu di tutup dengan pernyataan dan konferensi pers  Ketua Federal Reserve Ben Bernanke.

Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas pada Wedbush Securities mengatakan, bahwa ” The Fed akan mengurangi program pembelian obligasi sebesar 10-15 miliar dollar AS,”  demikian yang diperkirakan oleh pasar. Dan sedikit pelemahan di pasar akan terjadi sebagai akibat dari pengurangan stimulus yang lebih besar, ujarnya

“Orang-orang semakin lebih nyaman dengan The Fed mengangkat kaki mereka dari pedal,” kata James. “Kami tidak berkembang pada tingkat yang fantastis, tetapi kami melakukannya dengan baik saja.”

Saham Apple naik 1,2 persen dan Facebook naik 6,0 persen di barisan perusahaan-perusahaan teknologi yang akhir-akhir ini turun. Begitu juga  dengan Intel yang merupakan anggota Dow, sahamnya naik 1,5 persen setelah Credit Suisse naik peringkat sahamnya, dan Amazon yang juga naik 2,7 persen.

Dengan menaikkan dividen sebesar 22 persen dan pengumuman program pembelian kembali saham  40 miliar dollar AS dengan tujuan mengganti program yang berakhir pada akhir September, Komponen Dow Microsoft naik 0,4 persen.

Sedangkan jika Anda cermati JPMorgan Chase malahan merosot 0,1 persen setelah adanya laporan dari The Wall Street Journal berkaitan dengan  bank  yang bisa mendapatkan tuduhan kriminal karena “kerugian perdagangan yang amat besar di London”. Bank ini kabarnya telah hamper sampai pada penetapan dakwaan perdata di perkara itu dengan regulator AS dan Inggris.

Saham Safeway melompat sebesar 10,5 persen setelah aktivis dana Jana Partners mengumumkan bahwa mereka mengambil 6,2 persen saham di jaringan supermarket tersebut. Tindakan “poison pill” diberlakukan oleh perusahaan dengan maksud untuk menghindari pengambilalihan secara paksa.

Dan Perusahaan radio internet Pandora sahamnya mengalami kenaikan sebesar 5,0 persen setelah pengumumannya tentang penawaran umum 10 juta saham tambahan. Hasil dari penjualan saham tersebut  akan dipergunakan bagi tujuan umum perusahaan serta akuisisi potensial.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *