Teropong Bisnis | Homepage
Sektor Riil Tak Diuntungkan dengan Adanya BI Rate yang Naik

Sektor Riil Tak Diuntungkan dengan Adanya BI Rate yang Naik

0 Comments 🕔08.Sep 2013

Ada kabar gembira dari BI tentang adanya kenaikan suku bunga acuan dari BI. BI rate naik sekitar 125 bps selama dua bulan terakhir ini. Sebenarnya kenaikan BI Rate ini sendiri tidak memberikan dampak yang signifikan bagi beberapa sektor usaha. Banyak pihak yang menilai, sektor riil sama sekali tidak terbantu dengan adanya BI rate yang naik dari waktu ke waktu.

Kebijakan BI tersebut malahan dinilai beberapa ekonom membuat sektor riil menjadi tak bergerak. Banyak orang yang menilai bahwa kebijakan dari bank sentral hanya akan membuat pemodal besar dan juga kalangan menengah mendapatkan keuntungan. Kebijakan tersebut tidak akan membuat pemilik usaha dengan modal kecil merasakan keuntungan yang terlihat dijanjikan oleh BI. Kebijakan tersebut juga dinilai akan menghambat ekspor dan juga menekan sektor riil dalam negeri.

Kebijakan yang Salah Kaprah

Banyak ekonom yang menganggap kalau kebijakan ini memang salah. Pemerintah dengan keadaan ekonomi saat ini seharusnya tahu bagaimana harus bersikap. Beberapa waktu yang lalu, pemerintah mengatakan akan menggalakkan ekspor dalam negeri, namun kenyataannya ternyata kebijakan bank sentral malah menaikkan suku bunga yang sangat bertolak belakang dengan penyelamatan ekonomi dalam negeri.

Pemerintah seharusnya memberikan kebijakan yang lebih pro kepada sektor riil. Saat ini kalangan bawah memang sedang sangat terpuruk. Banyaknya angka pengangguran dan naiknya angka kemiskinan memang tidak bisa dilepaskan dari kurangnya lapangan kerja saat ini. Kenaikan BI rate justru memberikan dampak suku bunga pinjama dari perbankan.

Adanya kenaikan suku bunga pinjaman perbankan memang tidak dibarengi dengan upah buruh yang tetap dan tidak mengalami kenaikan. Saat ini juga hampir semua industri yang harus menanggung pajak dari pemerintah. Kebijakan ini tidak akan meningkatkan penerimaan dari Negara namun justru akan menekan sisi ekspor dari komoditas.

4.a Sektor Riil Tak Diuntungkan dengan Adanya BI Rate yang Naik

Pemerintah Pilih Kasih

Dalam hal kebijkakan seperti ini, seharusnya pemerintah tidak hanya mengeluarkan peraturan atau kebijakan yang akan memberikan dampak baik bagi pengusaha di kalangan atas dan menengah saja. Seharusnya pemerintah juga harus memikirkan kepentingan dan kebijakan bagi masyarakat menengah ke bawah. Lalu bagaimana tanggapan dari pemerintah sendiri terkait kebijakan yang dinilai salah dan pilih kasih ini?

Deputi Gubernur BI sendiri menganggapi hal ini dengan santai. Adanya keadaan melambatnya ekonomi dalam negeri juga sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari konteks pergerakan ekonomi di dunia saat ini. Saat ini keadaan ekonomi global memang sedang sangat lambat dan hal ini akan berdampak pada perekonomian bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Deputi Gubernur BI juga tidak menampik adanya pergerakan ekonomi yang sangat lambat saat ini. Beliau juga membantah kalau pemerintah selama ini hanya mendukung kaum menengah ke atas tanpa memikirkan kaum menengah kebawah. Hal ini adalah hal yang harus dicermati. Ini karena masalah global dan bukan karena adanya sesuatu yang disengaja.

4.c Sektor Riil Tak Diuntungkan dengan Adanya BI Rate yang Naik

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *