Teropong Bisnis | Homepage
Sedia Payung Sebelum Hujan dengan ASEAN Swap Agreement

Sedia Payung Sebelum Hujan dengan ASEAN Swap Agreement

0 Comments 🕔19.Oct 2013

Tentu Anda sudah mengenal peribahasa yang mengatakan sedia payung sebelum hujan. Peribahasa ini artinya adalah kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk masa depan. Dan, konsep ini dapat diterapkan kepada segala hal dalam kehidupan kita, termasuk dunia ekonomi.

Bank Indonesia (BI) sadar akan hal tersebut, dan telah berhasil menyelesaikan perjanjian yang akan dapat membantu Indonesia di masa mendatang. Perjanjian ini dinamakan ASEAN Swap Agreement. Perjanjian ini mempunyai nilai yang sangat besar, yaitu US$ 2 miliar.

Pada dasarnya, perjanjian ini serupa dan merupakan kelanjutan dari perjanjian bilateral swap agreement sebelumnya. Indonesia sebelumnya sudah melakukan perjanjian dengan beberapa negara lain, seperti Jepang, China dan Korea Selatan.

Gubernur BI Agus Martowardojo juga memperjelas tentang perjanjian ini pada hari Jumat 18 Oktober 2013. Dia mengatakan bahwa dia baru pulang dari Washington dalam rangka penandatanganan perjanjian ASEAN Swap Agreement ini. Dengan demikian, sudah ada 10 negara ASEAN yang sudah menandatangani perjanjian senilai US$ 2 miliar ini.

Menurut Agus, perjanjian ini dibuat dan disepakati oleh negara anggota ASEAN guna untuk melindungi negara ASEAN dari berbagai masalah ekonomi yang bisa terjadi di masa mendatang. Atau bisa dikatakan, bahwa perjanjian ini untuk berjaga-jaga dan akan menjadi dana darurat, seandainya terjadi guncangan ekonomi global yang menerpa negara-negara ASEAN seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Selain ASEAN Swap Agreement, Bank Indonesia juga sedang berusaha untuk menyelesaikan kesepakatan Chiang Mai Initiative. Kesepakatan ini sebelumnya bernilai US$ 120 miliar. Tetapi, saat ini sudah ditingkatkan menjadi 2 kali lipat nilai sebelumnya, menjadi $US 240 miliar.

Dalam kesepakatan Chiang Mai Initiative ini, BI berusaha menyelesaikan perjanjian ini dan mengajak 10 negara ASEAN ditambah 3 negara lain, yaitu Jepang, Korea dan China.

Kedua kesepakatan diatas dilakukan oleh BI untuk menjaga kondisi ekonomi Indonesia. Dengan kedua kesepakatan tersebut, diharap, ekonomi Indonesia akan tetap stabil.

Seperti yang kita semua ketahui, sempat terjadi gejolak ekonomi saat ada masalah pada pemerintahan Amerika Serikat (AS). Dan setelah masalah tersebut selesai dan pemerintah AS sudah menyepakati peningkatan pagu utangnya, kesepakatan diatas akan dapat membantu negara-negara ASEAN.

Tetapi, adanya pengurangan stimulus dari bank sentral AS, the Federal Reserve atau the Fed akan mempengaruhi ekonomi global. Dengan berjaga-jaga, dan kerjasama antar BI, pemerintah, Kemenkeu dan OJK, maka setidaknya, ekonomi Indonesia akan dapat bertahan.

2 perjanjian diatas, ASEAN Swap Agreement dan Chiang Mai Inisiative juga menjadi bukti bersatunya negara-negara di kawasan ASEAN. Hal ini sangatlah penting demi menyambut tidak hanya gejolak ekonomi yang bisa saja terjadi, tetapi juga era perdagangan bebas di daerah ASEAN yang akan berlaku beberapa tahun lagi.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *