Teropong Bisnis | Homepage
Sanksi Ekonomi Amerika Serikat Akan Menghancurkan Rusia

Sanksi Ekonomi Amerika Serikat Akan Menghancurkan Rusia

0 Comments 🕔06.May 2014

Berita mengejutkan datang dari Jack Lew menteri Keuangan Amerika Serikat. Jack Lew menyatakan sanksi internasional akan dijatuhkan kembali kepada Rusia. Sanksi ekonomi Rusia tersebut berkaitan dengan krisis yang diderita Ukraina. Tentunya sanksi ini akan berdampak pada kondisi ekonomi yang dialami Rusia.

Bila invansi Rusia pada Ukraina tidak segera diakhiri, maka sanksi ekonomi tersebut bakal segera menimpa Rusia.  Hukuman ini akan membuat ekonomi Rusia akan mengalami fase terburuknya. Karena sebelumnya Rusia telah merasakan sanksi ekonomi akibat Rusia menguasai Crimea. Kondisi ekonomi negara Rusia menjadi sangat parah.

Jack Lew melihat adanya hambatan sangat signifikan atas kondisi ekonomi Rusia yang melemah. Kondisi itu sangat terlihat pada indikator perekonomian yang menurun. Selain itu nilai tukar mata uang Rusia dan harga bursa saham yang sangat menurun dengan signifikan. Dampak negatif dalam bidang ekonomi merupakan pukulan berat bagi pemerintah Rusia.

Saat ini sanksi ekonomi Rusia yang akan ditimpakan memang masih dalam pertimbangan. Eropa dan Amerika Serikat kemungkinan besar akan menargetkan sanksi pada bidang energi dan perbankan. Target sanksi akan diterima Rusia kapan saja. Hal ini berkaitan dengan kewenangan presiden Amerika Serikat mengenai waktu dijatuhkannya sanksi ekonomi tersebut.

Beragam pilihan hukuman secara ekonomi ini memang memiliki peluang terbuka. Kebijakan dan tindakan baru telah disiapkan pihak Amerika Serikat kepada Rusia. Hal ini jika ternyata Rusia tetap melancarkan aksi yang dianggap melanggar kedamaian dunia ini. Sehingga Rusia tidak bertindak secara sewenang-wenang.

Mike Quigley yang berperan sebagai delegasi konggres Amerika Serikat menyatakan sanksi ekonomi di bidang perbankan dan komoditi minyak dianggap bisa meruntuhkan perekonomian Rusia. Target sanksi selanjutnya adalah dengan meruntuhkan bisnis di bidang energi dan sektor industri. Mike Quigley juga telah berkunjung ke Ukraina, sehingga memahami kesulitan Ukraina akibat invansi yang digencarkan Rusia.

Menurut Mike Quigley, pemerintah Rusia telah mengetahui rencana sanksi ekonomi yang akan dijatuhkan Amerika Serikat. Ancaman sanksi tersebut bukanlah gertakan semata, karena Amerika Serikat sangat serius mengenai ancaman ekonomi tersebut. Dia meyakini Rusia memahami bila beragam sanksi ekonomi tersebut bisa dilancarkan kapan saja oleh Amerika Serikat.

Eropa dan Amerika Serikat akan bersatu padu dengan menjalin kerjasama kuat. Sehingga sanksi ekonomi Rusia lanjutan bisa dirasakan sangat efektif. Pada minggu ini Rusia telah melakukan publikasi jika sejumlah sanksi ekonomi telah dijatuhkan kepada beberapa pengusaha dan pejabat tinggi yang dinilai memiliki kedekatan dengan Vladimir Putin.

Tapi pihak Eropa juga tidak mau kalah dan tinggal diam. Karena pihak Eropa telah memiliki 15 daftar hitam pengusaha asal Ukraina dan Rusia. Larangan visa dan pembekuan aset akan menimpa 15 pengusaha tersebut. Dengan begitu sanksi ekonomi benar-benar nyata diderita oleh Rusia. Keterpurukan ekonomi ini akan membuat Rusia tidak punya kemampuan lagi untuk melancarkan invansi kepada Ukraina.

aritkel ekonomi, ekonomi amerika, nilai tukar rupiah, managemen keuangan

BACA JUGA:

Harapan Setinggi Langit, Melihat Sentimen Positif Pemilu Kali Ini

Utang Dolar Korporasi Berpotensi Turunkan Nilai Mata Uang Rupiah

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *