Teropong Bisnis | Homepage
Sanksi Baru Dijatuhkan ke Russia, Wallstreet Kena Getahnya

Sanksi Baru Dijatuhkan ke Russia, Wallstreet Kena Getahnya

0 Comments 🕔01.Aug 2014

Amerika Serikat yang merupakan Negara adidaya jelas memegang pengaruh besar terhadap jalannya perekonomian dunia. Tidak dapat dipungkiri, Negara ini memegang peranan penting dalam hampir semua jalannya iklim perekonomian global, dan setiap keputusan yang dibuat oleh pemerintahnya bisa membawa banyak pengaruh signifikan, tidak hanya bagi negaranya tapi juga bagi Negara-negara lain. Dengan dijatuhkannya sanksi baru terhadap Russia, tidak hanya pihak Russia yang terpengaruh, namun juga Wallstreet, sebagai pusat saham ekonomi dunia yang terkena getahnya.

Mengiringi dijatuhkannya sanksi, tercatat sejak hari Rabu, tanggal 30 Juli 2014, sekitar puklu empat sore, indeks saham Standard & Poor jatuh hingga 0,5 persen, mengubah posisinya menjadi 1.969,95 dari posisi semula. Hal serupa juga terjadi pada indeks saham Dow Jones Industrial Average yang melemah dari posisinya semula hingga mencapait 70,48 poin atau sekitar 0,4 jika dikonversikan dalam bilangan persen, setelah sehari sebelumnya mencapai penguatan hingga sekitar 74 poin.

Sebab pelemahan dan kejatuhan saham Wallstreet ini usut punya usut disebabkan oleh kekhawatiran terhadap resiko geopolitik, seperti yang diungkapkan oleh Dan Veru, seorang kepala investasi Palisade Capital Management yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan, bahwa semenjak beberapa hari belakangan ini, para penanam saham melihat harapan penguatan indeks karena kinerja keuangan beberapa emiten, namun melihat penjatuhan sanksi baru ini, resiko geopolitik pun muncul ke permukaan dan menyebabkan minat saham Wallstreet jatuh.

Seperti yang dilansir situs berita Liputan6, Amerika telah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan pembuat kapal yang melayani kebutuhan angkatan laut Rusia dan industri minyak & gasnya, bersama dengan tiga Bank di Rusia. Dikarenakan oleh kecelakaan pesawat MH-17 yang terjadi di wilayah Rusia-Ukraina baru-baru ini, Amerika serikat mengambil jalan yang lebih tegas dalam menekan pihak Rusia agar tidak diam-diam mentransfer senjata-senjata baru ke angota separatis. Sanksi baruini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan Rusia untuk diam-diam mendukung persediaan senjata separatis. Tidak hanya di bidang ekonomi, sanksi ini juga meliputi seksi energi dan pertahanan Negara Rusia. Amerika serikat, bersama dengan beberapa Negara eropa lain setuju bahwa Rusia juga memegang peranan dalam kecelakan pesawat yang awalnya berdestinasi ke Kuala Lumpur itu, maka beberapa kebijakan-kebijakan diambil untuk menekan gerak-gerik Rusia dan potensi resiko lain yang ditimbulkannya.

Namun kembali lagi ke dampaknya ke Wallstreet, diambilnya kebijakan untuk menjatuhkan sanksi ini juga berpengaruh terhadap saham-saham Wallstreet. Layaknya dua mata pedang, kebijakan ini juga membawa pengaruh signifikan dalam menggelincirkan beberapa nilai saham di bursa saham dunia tersebut. Seperti yang dilansir dari survey yang diadakan Bloomberg, Bank Sentral Amerika Serikat akan kembali meninjau langkahnya dan mengurangi pembelian surat utang mereka dalam pertemuan yang akan diadakan beberapa hari dari sekarang.

2. Sanksi Baru Dijatuhkan ke Russia, Wallstreet Kena Getahnya (1)

BACA JUGA:

Perusahaan Kecil dengan Inovasi Bisnis Terbesar

PT Telkom Sukses Meraih Pemasukan Lebih dari 300 Milyar Selama Bulan Puasa

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *