Teropong Bisnis | Homepage
Relokasi Pabrik ke Daerah Solusi Terbaik

Relokasi Pabrik ke Daerah Solusi Terbaik

0 Comments 🕔09.Sep 2013

Saat ini banyak pengusaha yang sedang sangat bingung karena adanya tuntutan kenaikan upah minimum bagi para karyawannya. Mereka sedikit bingung karena saat ini mereka juga sedang dihadapkan dengan keadaan global yang tidak berpihak. Oleh karena itu banyak perusahaan yang memilih melakukan pemutusan hubungan kerja dan juga relokasi pabrik menjadi solusi yang paling rasional dan terbaik.

Industri padat karya misalnya industri tekstil dan juga produk tekstil memang sejauh ini telah memutuskan hubungan kerja sebanyak 60.000 karyawan dan setidaknya telah merelokasi pabrik ke daerah sebanyak 60 pabrik. PHK ini terjadi di banyak sekali perusahaan tekstil yang tersebar di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan juga Bekasi. Daerah-daerah ini merupakan daerah yang banyak terdapat pabrik.

Alasan PHK dan Relokasi

Banyak hal memang yang akhirnya menyebabkan pengusaha ini harus memutuskan hubungan kerja atau merelokasi pabriknya. Saat ini saja UMP atau upah minimum pekerja pada tahun 2013 hampir naik 40% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat memberatkan banyak pemilik usaha. Setidaknya saat ini ada lebih dari 60 perusahaan yang merasa sangat keberatan dengan kenaikan ini.

Beberapa perusahaan di wilayah Jabodetabek ini merasa UMP tahun ini sangat tinggi. Mereka akhirnya merelokasi pabriknya ke berbagai daerah seperti di Jawa Tengah. Beberapa perusahaan juga merelokasi pabriknya ke daerah Majalengka dan juga Subang. Mereka memilih daerah tersebut karena daerah-daerah tersebut menawarkan UMP yang jauh lebih rendah ketimbang yang ditawarkan di Jabodetabek sendiri,

Beberapa pengusaha yang telah melatih operator untuk beberapa industri juga mengatakan bahwa operator-operator tersebut sudah habis untuk menempati berbagai kebutuhan di pabrik yang baru saja di bangun di daerah. Jawa Tengah atau daerah lain di Jawa Barat yang mendapatkan jatah relokasi pabrik seharusnya tentu merasa senang karena banyak sekali pekerja yang akan terserap untuk pabrik ini.

5.a Relokasi Pabrik ke Daerah Solusi Terbaik

Keuntungan Bagi Pekerja yang di PHK

Lalu adakah keuntungan yang didapatkan oleh pekerja yang terkena PHK tersebut? Tentu saja banyak keuntungan yang akan didapatkan dari para pekerja yang terkena PHK. Mereka mempunyai kemungkinan untuk bekerja di tempat baru yang akan memberikan upah lebih besar dari perusahaan lamanya. Selain itu masih ada keuntungan lainnya yang akan didapatkan.

Yang menjadi permasalahan bagi para pengusaha adalah kesulitan mereka dalam mencari pekerja yang mempunyai keahlian seperti orang-orang yang telah diberhentikan mereka. Banyak yang memang menyayangkan adanya kenaikan upah yang tidak tanggung-tanggung dan sangat memberatkan pengusaha ini. Pengusaha bukan orang yang mempunyai banyak uang apalagi di masa seperti ini sekarang ini.

Pemerintah sepenuhnya harus bisa mengatasi hal ini. Selain itu Pemerintah Jabodetabek seharusnya tidak lagi menaikkan upah buruh karena akan semakin memperbesar jumlah pekerja yang akan di PHK dan nantinya angka kemiskinan akan naik. Tidak hanya angka kemiskinan saja yang akan naik, namun angka kriminalitas juga akan naik dengan tajam.

Relokasi Pabrik ke Daerah Solusi Terbaik

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *