Teropong Bisnis | Homepage
Proporsi Kelas Menengah Meningkat, Tanda Indonesia Menuju Negara Maju?

Proporsi Kelas Menengah Meningkat, Tanda Indonesia Menuju Negara Maju?

🕔06.Nov 2013

Seperti yang kita semua tahu, masyarakat dibedakan menjadi kelas atas, menengah dan bawah berdasarkan kemampuan ekonomi mereka. Masyarakat Indonesia juga menggunakan konsep seperti ini. Dan, saat ini, ditemukan kondisi yang cukup baik mengenai kelas ekonomi rakyat Indonesia. Yang terbaru, proporsi kelas menengah di Indonesia telah meningkat.

Menurut informasi ini, proporsi kelas menengah Indonesia meningkat dari 36 persen yang tercatat pada tahun 2010 menjadi 56,5 persen pada tahun 2013. Hal ini dapat diartikan bahwa kondisi perekonomian Indonesia menunjukkan peningkatan dan perbaikan.

Sementara itu, angka kemiskinan juga mengalami perubahan dan ini adalah perubahan yang baik. Pada tahun ini, angka kemiskinan tercatat sebesar 11,6 persen. Bila dibandingkan dengan tahun 2004 dimana angka kemiskinan mencapai 17 persen, maka angka kemiskinan saat ini sudah sangat menurun.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, semua data yang disampaikan diatas menunjukkan banyaknya keberhasilan yang Indonesia sudah wujudkan. Memang, masih banyak target yang belum tercapai, tetapi, keberhasilan ini dapat menjadi awal yang bagus. Jadi, Hatta menyarankan masyarakat agar tidak terlalu berpikir negatif.

Menurut Hatta Rajasa, pemerintah akan terus berusaha mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) 2013. Program ini menargetkan untuk menurunkan angka kemiskinan hingga mencapai 10,5persen.

Selain itu, menurutnya, perekonomian Indonesia dan kesejahteraan rakyat juga meningkat. Hal ini tergambar dari pendapatan per kapita yang meningkat dari USD 1200 pada 2004 menjadi USD 4000 pada 2013.

Dengan keadaan ini, banyak kalangan yang memprediksi bahwa Indonesia akan mempunyai prospek pertumbuhan ekonomi yang baik di masa mendatang. Hal ini dipengaruhi dengan meningkatnya proporsi kelas menengahdan angka kemiskinan yang menurun. Dan, dengan pemerintah yang juga berusaha keras mendukung dan ingin meningkatkan keadaan ini, maka bukan tidak mungkin perekonomian Indonesia akan terus membaik di masa depan.

Hatta Rajasa juga menambahkan bahwa waktu yang tersisa sedikit dalam pemerintahan saat ini digunakan untuk meningkatkan beberapa aspek.

Yang pertama adalah program untuk menjaga kestabilan daya beli masyarakat seiring dengan meningkatnya proporsi kelas menengah. Agar pasar domestik terus tumbuh.

Selain itu, ada Masterplan Percepatan, Perluasan dan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) yang menaungi 4 kluster kebijakan. 4 kebijakan tersebut adalah pembuatan program proteksi sosial, program pemberdayaan masyarakat, pemberian akses pada masyarakat pedesaan terhadap sistem yang berjalan saat ini. Dan yang terakhir adalah membuat dan menjalankan program pro rakyat.

Program-program diatas dijalankan dengan beberapa program pendukung lainnya, seperti program beasiswa yang dinaikkan, program raskin ditambah 3 kali dan diturunkannya belanja sosial pada tahun depan. Dana untuk menjalankan program diatas sudah tersedia. Jadi, dengan demikian, program tersebut dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat untuk belanja.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke