Teropong Bisnis | Homepage
Program Baru BI bagi Sektor Perbankan

Program Baru BI bagi Sektor Perbankan

0 Comments 🕔10.Oct 2013

Untuk mendorong sektor perbankan, BI atau Bank Indonesia mendorong sektor tersebut untuk menggunakan layanan berbasis teknologi seperti layanan pembayaran bergerak atau sering disebut dengan mobile payment services. Tujuan utama dari program layanan perbankan berbasis teknologi tersebut adalah untuk melakukan gerakan kesetaraan akses keuangan bagi seluruh masyarakat atau disebut juga Financial Inclusion. Menurut Deputi Direktur Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Yura A.Djalins, layanan semacam ini akan mampu menjangkau daerah terpencil sehingga pihak perbankan mampu memberikan layanan dan akses kepada masyarakat luas khususnya untuk layanan sistem pembayaran dan keuangan.

Sebagai tambahan, infrastruktur telekomunikasi telah menjangkau sangat tinggi hingga mencapai 95%. Hal ini terjadi karena adanya dukungan 240 juta pengguna telepon genggam. Selain itu, terdapat pula dukungan dari 2 juta agen serta retailer telekomunikasi. Di sisi lain, instrumen pembayaran berupa uang elektronik dengan basis server telah menyentuh angka 12.5 juta.

Salah satu upaya untuk mendorong program Financial Inclusion, BI melakukan uji coba proyek layanan perbankan tanpa kantor cabang atau branches banking. Program layanan perbankan tanpa kantor cabang ini akan diujicoba selama 6 bulan yang dimulai dari bulan Mei hingga November 2013. Proyek ini melibatkan 5 bank dan 2 perusahaan telekomunikasi. Dalam uji coba branches banking ini, layanan dikhususkan pada beberapa aktivitas seperti layanan pembayaran.

Layanan tersebut akan didukung dengan insfrastruktur telekomunikasi yang sudah ada di wilayah yang ikut dalam program ini. Program ini tidak termasuk penarikan dana tetap dan masih harus melalui agen perbankan yang ditunjuk oleh bank yang memang ikut dalam program branches banking. Yura juga menambahkan bahwa untuk menyukseskan program ini, perbankan membutuhkan teknologi yang memadai. Regulasinya sendiri rencananya akan dikeluarkan pada akhir tahun.

Diharapkan, program branches banking ini bisa diimplementasikan paling lambat tahun depan. Dengan program semacam ini, diharapkan sektor perbankan mampu melayani masyarakat dengan lebih baik lagi. Penekanan dari program ini adalah kemudahan akses bagi pengguna sektor perbankan. Tentunya, pihak bank harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang termasuk kesiapan teknologi untuk mendukung program branches banking.

Sesuai dengan penjelasan di atas, dukungan sudah sangat ada melihat presentasi yang dipaparkan. Realisasi dan implementasi atas program ini sangat dinanti oleh masyarakat. Tentunya, masyarakat hendaknya mendukung program Bank Indonesia ini dengan menggunakan layanan berbasis teknologi ini. Dengan menggunakan layanan Financial Inclusion ini, itu artinya masyarakat ikut mendukung kemajuan.

Yang paling penting adalah nantinya Anda juga akan sangat terbantu dengan program perbankan semacam ini. Semoga saja, proyek ini bisa terealisasi secara menyeluruh tahun depan agar semua masyarakat khususnya masyarakat terpencil dapat merasakan manfaatnya secara maksimal.

 

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *