Teropong Bisnis | Homepage
Prediksi Nilai Tukar Rupiah Di Tahun 2014

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Di Tahun 2014

0 Comments 🕔03.Jan 2014

Tahun 2013 meninggalkan beberapa kenangan buruk termasuk bagi prestasi nilai rupiah. Tercatat, di tahun yang baru saja ditinggalkan ini, rupiah mengalami penurunan terhadap dollar Amerika Serikat dengan nilai terbesar jika dibandingkan dengan negara Asia lain. Secara detail, tahun lalu rupiah mengalami pelemahan hingga mencapai 25.75%.

Parahnya, presentase ini lebih buruk jika dibandingkan dengan mata uang Jepang, Yen. Perlu Anda ketahui bahwa pihak Bank of Japan memang sengaja melemahkan nilai tukar mata uang mereka. Dengan kesengajaan itu saja, Yen hanya melemah hingga 21%. Lalu, bagaimana pendapat pengamat pasar terkait dengan nilai tukar rupiah di tahun 2014?

Menurut Farial Anwar, pergerakan nilai tukar rupiah masih akan sulit di tahun baru ini. Salah satu alasan mengapa Farial mengatakan prediksi tersebut adalah karena melihat keseriusan pemerintah dan Bank Indonesia. Menurutnya, kedua pihak tersebut tidak serius menangani jatuhnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Selain faktor internal tersebut, Faisal juga menilai adanya faktor eksternal khsuusnya karena adanya kemungkinan peningkatan nilai pemangkasan stimulus dari Amerika Serikat. Penyelenggaraan Pemilihan Umum sepertinya juga akan mempengaruhi nilai tukar rupiah di tahun 2014 ini. Dengan adanya gelaran ini, nilai tukar rupiah akan mendapatkan tekanan yang kuat.

Dalam hal ini, investor masih akan menunggu setelah pemimpin baru didapatkan sebelum mengambil langkah. Menurutnya, isu-isu seperti kenaikan harga BBM, suku bunga acuan dan penghentian stimulus Amerika Serikat yang menjadi sentiment negatif tahun lalu tidak akan terlalu berpengaruh untuk tahun ini.

nilai tukar rupiah, prediksi rupiah, tahun 2014, ekonomi, bisnis

Farial menambahkan bahwa dirinya memprediksi jika nilai tukar rupiah akan menyentuh angka Rp. 12.500 sebagai angka maksimal. Jika rupanya, nilai tersebut lebih maka itu artinya pemerintah dan Bank Indonesia mengalami kegagalan dalam menjaga rupiah. Prediksi ini juga sangat beralasan karena tidak terlalu ada bukti atau alasan terkait menguatnya rupiah.

Di sisi lain, pasaokan dollar Amerika juga sangat terbatas. Selain Farial Anwar, Lana Soelistyaningsih selaku pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia ikut memberikan prediksinya. Hampir sama dengan yang diungkapkan oleh Farial bahwa pemilu menjadi penyebab utama tekanan nilai tukar rupiah di tahun 2014 ini.

Dengan kondisi sekarang ini, rupiah memang harusnya berada pada nilai Rp. 10.500 hingga Rp. 11.000 per dollar Amerika Serikat. Sebagai perbandingan, di kurs tengah BI saja, nilai rupiah berada pada angka Rp. 12.189. Itu artinya nilai tersebut sudah sangat murah atau disebut undervalue. Kabar baiknya, Lana memprediksi bahwa nilai pelemahan yang sangat buruk di tahun lalu sepertinya tidak akan terjadi lagi tahun ini.

Kondisinya tidak akan terlalu buruk walaupun nanti hasil pemilu tidak sama dengan yang diharapkan. Menurutnya, tahun ini nilai rupiah akan berada pada kisaran Rp. 11.500 dan Rp. 12.800 terhadap dollar Amerika Serikat.

nilai tukar rupiah, prediksi rupiah, tahun 2014, ekonomi, bisnis

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *