Prediksi Harga Emas Di Tahun 2014

Artikel Ekonomi
3.Prediksi Harga Emas di Tahun 20141

Jika menilik pada tahun lalu, harga emas memang sedan tidak bersahabat. Pasalnya, di tahun 2013 yang lalu, harga emas terus merosot bahkan sempat merosot tajam pada level terparah. Kala itu, harga emas sempat merosot parah hingga 28%.

Lalu, bagaimana prediksi harga emas di tahun 2014 ini? Apakah harga akan semakin merosot? Ataukah harga justru semakin membaik? Sebagai informasi, Forbes menyatakan bahwa tahun lalu harga emas di pasar spot merosot drastic dengan presentase angka di atas pada peningkatan indeks saham S&P 500.

Charles Lewis Sizemore selaku Chief Investment Officer masih memprediksi bahwa harga emas di tahun 2014 masih akan terpuruk. Angkayang diprediksi oleh Lewis ada pada level US$ 1.000-US$ 1.100 per ounce. Prediksi ini cukup beralasan karena memang ada beberapa faktor yang akan menekan harga emas di pasaran.

Salah satu penyebab keterpurukan harga emas adalah karena tingkat inflasi. Tidak tanggung-tanggung diperkirakan peningkatan inflasi akan mencapai level yang memang ditakuti oleh investor. Tingkat inflasi tersebut hampir sama dengan level saat terjadi krisis moneter di tahun 2008. Hingga saat ini, angka inflasi masih berada di level 1.2% sedangkan untuk beberapa harga energi justru terus menurun.

Selain tingkat inflasi yang tinggi, penyebab lain jatuhnya harga emas adalah langkah yang diambil oleh Bank Central Amerika Serikat atauThe Fed. Saat ini, The Fed berencana untuk menarik dana stimulus yang awalnya US$85 miliar hanya menjadi US$ 75 miliar setiap bulannya. Tentunya, jika The Fed terus mengurangi peredaran uangnya maka bisa jadi tingkat inflasi akan terus naik ke level yang lebih tinggi lagi.

harga emas, emas, ekonomi, bisnis,

Lebih jauh lagi, defisit anggaran The Fed juga menjadi masalah tekanan harga emas yang tak kunjung membaik. Memang, angka defisitnya diperkirakan akan membaik yaitu 3.3% dari PDB atau Produk Domestik Bruto. Di sisi lain, para penambang emas akan terus mengurangi risiko kerugian dengan cara menjual langsung produksi mereka.

Aktivitas ini justru menjadi sinyal yang sangat negatif di pasar. Faktor lain yang mempengaruhi harga emas di tahun 2014 adalah persaingan ketat mata uang virtual. Sebagai informasi, bitcoin sebagai mata uang virtual yang cukup populer masih harus bersaing ketat dengan mata uang virtual lainnya yang semakin membayangi.

Dengan adanya hambatan-hambatan di atas, tidak mengherankan jika para analis memperkirakan harga emas akan masih terus terpuruk setelah memuncak selama 12 tahun lamanya. Dalam hal ini, Lewis memperkirakan bahwa harga emas di pasar spot masih tetap akan terpuruk. Prediksi kisaran harga yang ia berikan adalah antara US$ 1.000 hingga US$ 1.100 per ounce.

Namun, tentu saja Anda tidak perlu terlalu risau dengan kondisi ini. Anda tidak perlu mengakhiri investasi Anda pada emas. Kuncinya adalah mengambil langkah tepat sehingga kerugian bisa diminimalisir dan keuntungan bisa dimaksimalkan.

harga emas, emas, ekonomi, bisnis,

BACA JUGA:

Bank Khusus Pengusaha Muda Telah Bangkit Kembali

Harga Minyak Mentah Merangkak Naik Seiring Kacaunya Situasi AS

Be Sociable, Share!

About the Author

One comment on “Prediksi Harga Emas Di Tahun 2014

  1. harga emas akan terus merosot…,

    banyak perusahaan Teknologi akan berbondong bondong mencari emas diluar angkasa, Perusahaan Teknologi seperti Google saja berencana mencari emas diluar angkasa bukan untuk dijual, tapi dijadikan sama seperti besi tua untuk Teknologi Hardware Cloud Computing mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *