Teropong Bisnis | Homepage
Perusahaan Tanggung Hutang Besar Setelah Dolar Melambung

Perusahaan Tanggung Hutang Besar Setelah Dolar Melambung

0 Comments 🕔04.Sep 2013

Melambungnya nilai tukar dolar dan melemahnya rupiah memang banyak memberikan dampak bagi beberapa perusahaan. Kita sendiri mengetahui bahwa banyak industri yang memang terkena dampak negatif dan positif. Memang tidak semua terkena dampak negatif. Ada beberapa industri yang mendapatkan dampak positif seperti industri kelapa sawit, karet dan lain sebagainya.

Selain ada industri yang tersenyum bahagia, ada beberapa perusahaan yang harus menanggung hutan yang cukup besar. Akibat nilai tukar dolar yang semakin melambung perusahaan ini harus membayar hutan yang memang tak sedikit. Hutan tentu saja akan sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut dan juga produksi dari perusahaan tersebut.

Sebab Perusahaan Terpuruk

Menurut beberapa lembaga penelitian, memang naiknya nilai tukar dolar semakin membuat beberapa perusahaan memang melemah. Perusahaan yang melemah itu biasanya adalah perusahaan yang biasa membuat laporan keuangan dalam bentuk rupiah namun laporan hutangnya dalam bentuk dolar AS. Seharusnya beberapa perusahaan sudah tanggap dan mencari solusi agar hutang tidak semakin membengkak dengan adanya perubahan dolar ini.

Kita tahu bahwa pakar ekononomi di Indonesia sendiri telah memprediksikan bahwa nilai tukar dolar akan semakin naik dari hari ke hari. Bahkan kondisi seperti ini akan terus terjadi sampai awal tahun depan. Tentu saja jika perusahaan-perusahaan ini tidak segera memikirkan secara matang solusi yang terbaik, mereka akan dibebani dengan hutang yang sangatlah besar.

Bagi perusahaan yang sudah siap dan selalu mencicil uangnya di triwulan pertama tahun ini, mungkin mereka telah bisa mengurangi resiko dan beban hutang yang terlalu besar di triwulan ketiga dan keempat nantinya. Namun jika belum ada cicilan hutang sampai sekarang maka mereka memang harus berhati-hati dengan tagihan hutang yang memang tidak sedikit.

2.a Perusahaan Tanggung Hutang Besar Setelah Dolar Melambung

Perusahaan yang Terpuruk

Anda tentu sangat ingin mengetahui beberapa perusahaan yang terpuruk bukan? Berikut ini ada beberapa nama perusahaan yang sedang diancam dengan hutang dalam bentuk dolar yang sangat besar.Perusahaan itu adalah PT Lippo Karawaci Tbk, PT Alam Sutera Tbk, PT Kawasan Industri Jababeka Tbk, dan juga PT Garuda Indonesia TBk.

Apa sebenarnya dampak dari kondisi keuangan perusahaan yang seperti ini?Tentu saja kinerja dan produksi akan terhambat selain itu ada kecenderungan pengurangan beban perusahaan dengan pengurangan pekerja. Hal inilah yang akan ditakuti oleh banyak orang. PHK bisa saja terjadi dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Tidak mudah untuk terhindari dari hutang yang besar. Setidaknya banyak pakar ekonomi yang mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan membutuhkan waktu 12 bulan agar bisa terhindar dari kondisi yang terpuruk. Beberapa dari perusahaan tersebut ternyata juga sudah melindungi hutangnya sehingga dampak perubahan kurs tidaklah terlalu besar dan hutang yang harus dibayarkan juga tidak terlalu banyak. Perusahaan lainnya diharapkan juga mulai mencari solusi dari dampak perubahan nilai tukar dolar yang semkain menguat tahun ini.

2.d Perusahaan Tanggung Hutang Besar Setelah Dolar Melambung

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *