Teropong Bisnis | Homepage
Perusahaan Kecil dengan Inovasi Bisnis Terbesar

Perusahaan Kecil dengan Inovasi Bisnis Terbesar

0 Comments 🕔28.Jul 2014

Untuk dapat bertahan di persaingan dunia bisnis saat ini, ada satu hal yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Hal terpenting ini adalah inovasi. Perusahaan tanpa inovasi sama artinya kebangkrutan. Hal ini pula yang menyebabkan banyak CEO perusahaan lebih mementingkan inovasi ini untuk perusahaannya.

Kondisi diatas juga membuat majalah Forbes membuat daftar perusahaan paling inovatif di dunia. Hal ini membuktikan pentingnya inovasi bisnis saat ini.

Daftar yang bertajuk “100 Most Innovative Companies” ini menggunakan 4 faktor untuk menentukan perusahaan yang masuk di dalamnya, yaitu:

  1. Rata-rata pertumbuhan penjualan perusahaan selama 5 tahun terakhir
  2. Pertumbuhan laba bersih selama 5 tahun terakhir
  3. Kapitalisasi pasar atau nilai perusahaaan dan utang bersih
  4. Inovasi premium

Inovasi premium dihitung berdasarkan jumlah penawaran investor yang masuk. Selain itu,  pendapatan perusahaan dari bisnis yang dijalankan juga termasuk faktor yang diperhitungkan untuk menentukan inovasi premium perusahaan.

Perusahaan yang masuk dalam daftar Forbes yang dirilis 20 Juli lalu ini juga harus mempunyai beberapa persyaratan. Seperti kapitalisasi pasar sebesar minimal US$10 miliar, perusahaan harus menggunakan 1% dari aset dasar mereka untuk pengembangan inovasi dan lainnya.

Forbes juga membandingkan antara nilai bersih perusahaan atau Net Present Value (NPV) dengan kapitalisasi pasar saat ini. Dan juga, bagaimana perusahaan menjalankan inovasi bisnis mereka di masa sekarang maupun masa mendatang.

Yang menarik, ada beberapa perusahaan yang belum ternama yang masuk dalam daftar ini. Selain perusahaan terkenal seperti Google, Apple dan Amazon, Salesforce.com juga masuk didalamnya. Perusahaan ini saat ini sedang berkembang dan bahkan menarik banyak orang untuk kebutuhan chatting mereka, mengalahkan Facebook dan Twitter.

Bila dilihat dari daftar ini, tampaknya Forbes lebih mengedepankan inovasi premium untuk menentukan peringkat. Hal ini tampak pada Salesforce.com yang menempati peringkat atas. Bila dibandingkan dengan perusahaan di bawahnya, Salesforce.com masih kalah pada kategori pertumbuhan penjualan, keuntungan dan nilai perusahaan.

Salesforce.com sendiri mempunyai pertumbuhan penjualan sebesar 39,5% selama 5 tahun terakhir. Sedangkan peningkatan laba bersih mencapai 78,7%. Dan, nilai perusahaan sebesar US$20,7 miliar.

Data diatas masih kalah dengan perusahaan dibawah Salesforce.com. Contohnya, Amazon.com dengan nilai perusahaan sebesar US$92,7 miliar, Apple sebesar US$303,4 miliar dan Google sebesar US$138,1 miliar. Salesforce.com sendiri unggul untuk kategori inovasi premium yang mencapai 75,1.

Salesforce.com sendiri adalah perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat. Perusahaan ini mempunyai 5.306 karyawan dan dipimpin oleh Marc Russel Benioff.

Yang menarik, perusahaan ini menempati posisi 1.733 untuk dafter perusahaan terbesar versi Forbes yang dirilis April lalu. Namun, pada daftar perusahaan paling inovatif, Forbes menempatkannya pada peringkat atas karena inovasi dan perkembangan Salesforce.com yang sangat menjanjikan.

Benioff menjadi salah satu tokoh penting dibalik perubahan Salesforce.com. Inovasi bisnis yang dikembangkan Salesforce.com banyak berasal dari orang ini.

inovasi bisnis, bisnis, sales force, usaha, ekonomi

BACA JUGA:

Hal Sederhana Yang Harus Anda Lakukan Saat Stres

4 Tonggak Penting Merasakan Arti Sukses Sebenarnya ala Johnny Darmawan

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *