Teropong Bisnis | Homepage
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ternyata Jauh Lebih Baik daripada Cina dan India

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ternyata Jauh Lebih Baik daripada Cina dan India

0 Comments 🕔07.Oct 2013

Ada beberapa hal menarik yang bisa kita temukan di KTT APEC 2013. Salah satunya adalah pendapat yang disampaikan oleh Nouriel Roubini, seorang Ekonom Amerika Serikat (AS) dari New York School of Economic. Roubini menyampaikan pendapatnya mengenai kondisi perekonomian di Indonesia, dibandingkan dengan Cina dan India.

Roubini mengatakan bahwa ketiga negara ini mempunyai pertumbuhan ekonomi yang baik, meskipun statusnya sebagai negara berkembang dan diterpa oleh keadaan ekonomi global yang tidak baik. Ketika berbicara pada acara Pre-CEO Summit di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali pada Sabtu 5 Oktober 2013, dia menyampaikan bahwa Indonesia adalah yang terbaik daripada Cina dan India.

Ada beberapa alasan yang disampaikan Roubini mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dia katakan lebih baik dari 2 negara diatas.

Pertama adalah faktor kondisi demografis. Indonesia menjadi yang terbaik, karena, di Indonesia banyak anak muda yang aktif dalam dunia ekonomi dan bisnis. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat melesat.

Yang kedua adalah pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Cina menggunakan banyak kredit untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka. Hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi di negeri tirai bambu ini menjadi tidak stabil.

Yang ketiga adalah perbandingan antara pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kebutuhan domestik. Pertumbuhan ekonomi yang besar seimbang dengan kebutuhan domestik Indonesia. Sehingga, pertumbuhan ekonomi di Indonesia stabil.

Yang keempat adalah sistem demokrasi di Indonesia. Menurut Roubini, sistem demokrasi di Indonesia jauh lebih baik daripada Cina. Sistem demokrasi di Indonesia akan mendukung pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang, daripada sistem otoriter yang dianut oleh Cina.

Bagaimana dengan India? Roubini menyampaikan bahwa kondisi perekonomian India jauh lebih buruk daripada Indonesia. Terdapat masalah defisit kembar di India, yaitu masalah defisit neraca perdagangan dan defisit anggaran.

 Yang mengejutkan, Indonesia ternyata juga pernah mempunyai masalah yang sama dengan India beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi, Indonesia mampu mengatasinya. Hal ini karena Bank Indonesia (BI) agresif dalam menaikkan suku bunga acuan, sehingga hal ini akan menstabilkan inflasi di Indonesia.

Untuk sistem demokrasi, Roubini mengatakan ada 2 kondisi sistem demokrasi yang berbeda di dua negara ini. Di India, hanya ada beberapa partai yang sudah konsolidasi. Sedangkan di Indonesia, sistem demokrasi yang ada lebih stabil dan solid.

Bagaimana dengan Indonesia di masa mendatang? Roubini memprediksi Indonesia akan berkembang dan lebih maju daripada Cina dan India. Bila kita melihat beberapa hal yang disampaikan Roubini diatas, maka prediksi ini mempunyai kemungkinan besar untuk terjadi.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhaiki, agar pertumbuhan ekonomi Indonesia benar-benar bisa maju. Menurut Roubini, infrastruktur, investasi langsung, transparansi dan pemerataan kesejahteraan perlu dilakukan. Dan perlu juga adanya reformasi struktural dan penciptaan lapangan pekerjaan, serta investasi langsung.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *