Teropong Bisnis | Homepage
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun ini Cukup Ironis

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun ini Cukup Ironis

0 Comments 🕔01.Sep 2013

Sungguh sangat ironis melihat pertumbuan ekonomi Indonesia saat ini. Berbagai permasalahan yang terjadi di struktur ekonomi menjadikan Negara kita ini hanya mencapai angka 5,9% saja. Tentu saja jumlah ini ternyata tidak sebanding dengan prediksi yang dikatakan oleh para ahli ekonomi, dimana mereka mengatakan sebelumnya bahwa kenaikan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2013 akan bisa mencapai angka 6,3%. Tentu saja hal ini juga dipicu oleh banyaknya permasalahan defisit dan inflasi yang terjadi di Negara ini. Inflasi yang terjadi pada tahun 2013 saat ini mencapai angka lebih dari 9,2%. Angka ini meningkat lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Pemerintah Bank Indonesia saat ini tengah berupaya untuk membangkitkan lagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang melemah tersebut.

Solusi untuk Mengatasi Masalah Ekonomi di Indonesia

Menteri Keuangan Indonesia, M Chatib Basri, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan rapat kerja sama dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, untuk membahas mengenai koreksi dari pertumbuhan ekonomi yang ada di tanah air. Koreksi tersebut dilakukan dalam rangka memperbaiki laju ekonomi Indonesia sehingga bisa mampu mencapai target yang diinginkan yaitu 6,3%. Target tersebut tentunya sangat sukar untuk didapatkan apabila melihat banyaknya permasalahan di Negara kita saat ini. Salah satunya adalah neraca perdagangan yang tidak stabil, nilai tukar rupiah yang semakin melemah, dan lain sebagainya. Semua itu, tentu saja menjadikan perkembangan ekonomi Indonesia kian berada jauh dari harapan.

3b pertumbuhan ekonomi indonesia cukup ironis

Pemicu Masalah Ekonomi Indonesia

Dalam rapat yang diselenggarakan oleh Menteri Keuangan tersebut, hadir juga Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo. Menurut pendapat dari Gubernur Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi yang ada di Negara ini cenderung untuk mengarah ke batas bawah karena banyaknya faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Faktor ekport disinyalir oleh beliau menjadi salah satu faktor yang paling berperan dalam membuat laju ekonomi Indonesia makin melambat. Selain itu, konsumsi pemerintah yang awalnya ditargetkan akan bisa tumbuh dalam angka 6,7% ternyata hanya bisa mencapai angka 3,4% saja. Tentunya hal ini juga tidak seharusnya terjadi.

Inflasi yang terjadi di Indonesia juga menjadi masalah utama yang harus segara diselesaikan. Pasalnya, jumlah inflasi yang ada di Negara ini sudah mencapai angka 9,2%. Hal tersebut tentunya tidak boleh sampai dibiarkan berlarut. Angka inflasi saat ini cenderung untuk meningkat keatas, dan jika ini tetap dibiarkan, angka inflasi akan berpotensi untuk menembus 10%. Inflasi di bulan Agustus 2013 ini memang dikabarkan sedang dalam kondisi yang tidak stabil, namun dipastikan bahwa di bulan September 2013 nanti akan ada perbaikan dari beberapa sturktur ekonomi sehingga laju inflasi bisa ditekan dan menjadikan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. Selain masalah inflasi, ternyata masalah harga saham yang terpuruk juga menjadi alasan utama menurunnya pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *