Teropong Bisnis | Homepage
Pertemuan Tingkat Tinggi APEC Membahas Tentang Perdagangan Global

Pertemuan Tingkat Tinggi APEC Membahas Tentang Perdagangan Global

0 Comments 🕔07.Oct 2013

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 membahas banyak hal. Dan, event ini juga menjadi tempat berlangsungnya pertemuan tingkat tinggi antara negara-negara APEC, seperti yang diadakan hari ini pada pertemuan menteri ekonomi negara-negara APEC. Pertemuan ini membahas dan memutuskan banyak hal penting dalam agenda perekonomian negara-negara APEC.

Pertemuan ini dipandang penting karena sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian Indonesia dan juga global. Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, negara-negara yang menjadi anggota APEC merupakan 55 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia dan juga 44 persen dari perdagangan dunia.

Pertemuan tingkat tinggi ini juga melanjutkan dan menetapkan kembali komitmen yang para menteri ini capai saat diadakan pertemuan Deklarasi Bogor beberapa waktu yang lalu. Pertemuan ini akan membuat rencana dijalankannya perdagangan dan investasi bebas dan terbuka disemua kawasan pada tahun 2020 akan menjadi benar-benar terlaksana.

Menurut Gita Wirjawan, pertemuan yang diadakan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, pada hari Sabtu 5 Oktober 2013 ini sudah mengambil dan mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Akan tetapi,masih diperlukan banyak perbaikan dan kerja keras dibanyak sektor. Menurut Gita Wirjawan sektor yang perlu diperbaiki adalah bidang liberalisasi pertanian, investasi dan jasa serta hambatan non tarif.

Tapi dalam pertemuan ini, ada satu hal yang menjadi bahasan paling penting, yaitu masalah ketahanan pangan (food security). Masalah ini bahkan menjadi isu penting bagi semua negara yang menjadi anggota APEC. Pada pertemuan ini, para menteri yang bertemu menggunakan isu penting ini sebagai tolak ukur untuk merencanakan peta perjalanan (road map) untuk sektor ketahanan pangan di tahun 2020 mendatang.

Gita Wirjawan juga setuju dengan hal tersebut. Menurutnya, pertemuan tingkat tinggi ini akan menjadi kunci untuk mencapai ketahanan pangan yang baik bagi negara-negara anggota APEC.

Selain masalah diatas, pada pertemuan ini juga dibahas mengenai agenda konektivitas. Pada pertemuan ini Indonesia mengangkat tentang kinerja APEC yang berhasil melakukan pekerjaan terbaik pada sektor fasilitas perdagangan (trade facilitation).

Fasilitas perdagangan yang diangkat disini sangatlah penting bagi perdagangan dunia. Fasilitas perdagangan disini menjadi inti dari perdagangan dunia. Karena kinerjanya yang baik, maka perdagangan dunia dapat berjalan dengan baik pula.

Selain itu, pemimpin negara APEC akan meluncurkan kerangka konektivitas APEC (APEC Framework on Connectivity) untuk fasilitas perdagangan ini. Hal ini dilakukan agar setiap negara, institusional dan orang dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan mereka di wilayah mereka masing-masing.

Gita Wirjawan percaya bahwa APEC kali ini akan membawa banyak dampak. Dan diharapkan, APEC dapat menjadi roda penggerak pertumbuhan global. Dan pertemuan APEC semacam ini diharapkan dapat mempertahankan hal tersebut dimasa mendatang dan membuatnya semakin maju.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *