Teropong Bisnis | Homepage
Pergerakan Harga Saham Hingga Penutupan Perdagangan Sesi II

Pergerakan Harga Saham Hingga Penutupan Perdagangan Sesi II

0 Comments 🕔24.Aug 2013

Pergerakan saham terbaru dari emiten-emiten baik emiten lama maupun emiten baru patut untuk diwaspadai. Contohnya, pada bulan Agustus 2013 ini, BEI atau PT Bursa Efek Indonesia sedang mewaspadai adanya pergerakan pada salah satu emiten yaitu PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (MREI). Menurut BEI, MREI sedang mengalami pergerakan harga yang di luar kebiasaan atau umumnya disebut dengan Unusual Market Activity atau UMA. BEI sendiri telah mempublikasikan informasi mengenai MREI pada bulan Mei 2013 yang lalu. Dalam publikasi tersebut, BEI menghimbau kepada investor untuk mengawasi kinerja perusahaan. Pengawasan ini terkait dengan keterbukaan informasi dari perusahaan dan kinerja yang sudah tercatat. Selain itu, investor diminta untuk mengkaji rencana aksi korporasi dari perusahaan tersebut. Hal ini sangat diperlukan khususnya untuk aksi korporasi yang belum mendapatkan persetujuan RUPS. Pertimbangan dari segala aspek penting investasi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh investor karena keputusan yang diambil akan berdampak pada hasil yang akan datang.

1.Pergerakan Harga Saham Hingga Penutupan Perdagangan Sesi II.2

Perkembangan Harga Saham MREI

Sebagai informasi tambahan, harga saham MREI pada bulan juli 2013 lalu berada pada level 2.850. Kemudian, pada pertengahan Juli 2013 harga saham perusahaan ini sudah meningkat pada level 3.500. Sedangkan pada bulan Agustus 2013 ini harga saham PT MREI berada pada level 3.000. Di samping adanya informasi mengenai Unusual Market Activity pada harga saham PT MREI tercatat pula adanya 7 emiten baru. 7 emiten baru tersebut masuk pada pasar modal sekitar pertengahan bulan Juli 2013 lalu. 7 emiten baru tersebut adalah:

PT Electric City Indonesia Tbk

PT Bank Maestika Dharma Tbk

PT Multipolar Technology Tbk

PT Victoria Investama Tbk

PT Bank Mitraniaga Tbk

PT Cipaganti Citra Graha Tbk

PT Bank Maspion Indonesia Tbk

IHSG pada Penutupan Perdagangan Sesi II

Secera umum, pantauan IHSG atau Index Harga Saham Gabungan pada perdagangan sesi II bulan ini melemah. Saat ini level harga saham melemah hingga 1.11%. Secara spesifik, IHSG sesi II ditutup dengan total transaksi sebanyak 218422 kali. Volume perdagangan saham mencapai 8.7 milyar lot saham. Volume ini setara dengan 7.3 triliun rupiah. Penurunan IHSG ini khususnya terjadi pada sektor properti dan industri dasar yang melemah pada level 5.78% unutk properti dan 3.42% untuk industri dasar. Beberapa perusahaan yang tercatat mengalami kenaikan harga saham hingga 22 Agustus 2013, diantaranya LSIP, ANDRO, PT BA, dan HRUM. Selain itu, tercatat setidaknya ada 4 perusahaan yang mengalami penurunan harga saham hingga perdangan sesi II ini ditutup. Perusahaan tersebut adalah PT ASRI, CPIN, WIKA, dan MAPI. Pelemahan harga saham secara umum ini juga terkait dengan pelemahan harga saham kawasan Asia. Membaiknya perekonomian AS dan Eropa juga sangat berpengaruh terhadap aktivitas investor dimana mereka cenderung mengalihkan investasi mereka dari Asia ke AS atau Eropa.

 IHSG turun

 

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *