Teropong Bisnis | Homepage
Penyebab Terjadinya Guncangan Ekonomi di Indonesia

Penyebab Terjadinya Guncangan Ekonomi di Indonesia

0 Comments 🕔07.Sep 2013

Guncangnya perekonomian yang ada di dunia tentunya tidak terjadi secara instan, ada beberapa penyebab yang memicu timbulnya masalah ekonomi di Negara ini. Sebetulnya, masalah ekonomi yang menimpa di Indonesia itu masih lebih baik dibandingkan dengan Negara lainnya. Beberapa Negara lain di Asia, seperti Filiphina, Thailand, dan Myanmar juga memiliki masalah ekonomi yang lebih pelik lagi. Guncangan ekonomi yang seolah tidak ada hentinya ini juga menunjukan bahwa kita masih belum siap untuk menghadapi perekonomian global yang penuh persaingan tersebut. Masalah nilai tukar dollar terhadap rupiah juga menjadi masalah yang membuat banyak orang makin resah. Menurut pendapat dari Gubernur Bank Indonesia, ada dua hal yang menjadi pemicu permasalahan ekonomi dunia saat ini.

Amerika Serikat Menurunkan Stimulus Moneter

Agus Martowardojo mengatakan bahwa ekonomi dunia yang sedang guncang ini sudah tidak bisa dilawan lagi oleh Indonesia, karena guncangan ekonomi tersebut merupakan guncangan dengan skala regional. Jadi tidak hanya Negara kita saja yang mengalaminya. Salah satu pemicu yang bisa menjadikan masalah ekonomi dunia semakin parah apabila Amerika Serikat mengurangi stimulus moneter yang mereka miliki. Ini pastinya akan langsung memberikan dampak bagi ekonomi di seluruh dunia. Hal ini sudah pasti tidak akan bisa terhindarkan. Agaknya pengurangan stimulus moneter itu akan menjadi kenyataan, mengingat Amerika Serikat saat ini berencana untuk melakukan agresi di Negara suriah.

3a Penyebab Terjadinya Gunacangan Ekonomi di Indonesia

Masalah Ekonomi Perlu Menjadi Perhatian Kita Semua

Hal ini wajib untuk menjadi perhatian kita semua. Masalah ekonomi yang ada di Negara ini bagaimanapun juga harus bisa diselesaikan dan tidak boleh dibiarkan sampai berlarut-larut. Efek dari masalah ekonomi memang paling banyak dirasakan oleh kaum bawah, namun saat ini kaum berduit pun juga merasakan dampak dari masalah tersebut. Sekarang kita bisa melihat harga-harga dari produk kebutuhan sehari-hari dan juga produk tersier naik dalam jumlah yang tinggi. Belum lagi masalah inflasi yang terjadi di Indonesia yang membuat pusing banyak orang. Namun demikian, Gubernur Bank Indonesia mengatakan bahwa kita harus tetap fokus untuk menjaga nilai tukar rupiah agar tetap stabil. Jika bercermin dari berapa kisaran nilai rukar rupiah terhadap dollar, inilah yang menunjukan betapa terpuruknya kondisi ekonomi Negara kita.

Disamping itu, beliau juga menyarankan pihak terkait untuk mengawasi pasar uang yang ada saat ini. Pastikan untuk mematok kurs mata uang yang wajar dan tidak berlebihan. Ini nantinya akan bisa menjaga ketahanan dari nilai rupiah terhadap dollar AS. Ditambah lagi, mengawasi pasar uang juga akan membantu sekali dalam menjaga nilai tukar rupiah supaya tidak bergejolah. Masalah nilai tukar rupiah yang saat ini semakin tinggi tersebut juga sedang dicari solusinya oleh pare ahli ekonomi di Negara ini. Masalah ekonomi yang melanda dunia di era global ini perlu untuk ditangani dengan serius.

3c Penyebab Terjadinya Gunacangan Ekonomi di Indonesia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *