Teropong Bisnis | Homepage
Peningkatan Wirausaha di Spanyol

Peningkatan Wirausaha di Spanyol

0 Comments 🕔11.Sep 2013

Krisis ekonomi di Eropa telah mempengaruhi hampir semua negara di Eropa. Spanyol adalah salah satunya. Banyak orang di negara ini yang kehilangan pekerjaan dan harus menganggur akibat krisis ekonomi ini.

Jalan Keluar Krisis Ekonomi Spanyol

Orang yang kehilangan pekerjaan di Spanyol akibat krisis, pada dasarnya mempunyai 3 pilihan yang bisa mereka ambil. Mereka bisa tetap pada status pengangguran, keluar negeri untuk mencari pekerjaan atau berwiraswasta.

Tampaknya, banyak orang Spanyol yang mengambil pilihan untuk berwiraswasta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pendaftaran untuk usaha baru tahun ini, dari 6.826 menjadi 21.992. Hal ini sangat bagus, karena peningkatan 8,2 persen usaha baru dengan 26 persen angka pengangguran merupakan tanda membaiknya perekonomian Spanyol.

Meningkatnya kewirausahaan ini juga disetuui oleh beberapa ahli, seperti Mariarosa Lunati, ahli ekonomi dari Organisasi Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi dari Paris. Paris de L’Etraz, Direktur Venture Lab di Fakultas Ekonomi EI Madrid, keadaan krisis ini membuat orang Spanyol keluar dari zona nyaman mereka dan tidak lagi ingin bekerja untuk pemerintah.

Guru besar wirausaha Pedro Nueno Iniesta dari Fakultas Ekonomi IESE Madrid mengatakan bahwa keadaan di Spanyol kali ini akan membantu penciptaan lapangan pekerjaan. Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy juga berkata bahwa keadaan ini akan membuat perekonomian Spanyol semakin membaik, setelah pada paruh tahun yang lalu ada peningkatan. Pemerintah Spanyol juga mendukung keadaan ini dengan membuat undang-undang yang mempermudah pembuatan usaha.

Contoh Wirausahawan Baru

Contoh pertama adalah Café La Infinito yang dimiliki oleh Antonio Rojas Fernandez dan Paloma Perez Rodriguez. Dengan dibantu 2 tenaga paruh waktu, mereka melayani tamu setiap malam. Bisa dibilang, mereka tidak pernah istirahat.

Pasangan ini membuka café ini setelah dia kehilangan pekerjaan sebagai guru dan teknisi antena TV. Dan terbukti, dengan mengandalkan 70,000 Euro dari tabungan mereka untuk memulai usaha café ini, mereka bisa mengantongi 1,000 Euro tiap bulannya.

Bahkan mereka berencana mengembangkan usaha ini dengan menambah pertunjukan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hal ini dilakukan karena Rojaz dan Perez pernah mencoba membuat sebuah resital dengan duras 20 menit dan pengunjung yang mengunjungi café mereka meningkat tajam.

Ada juga Sara Gonzalez Servant dan Cristina Jimenez Diaz. Mereka mendirikan perusahaan penyedia jasa konsultasi Indaga Research setelah diberhentikan dari pekerjaan mereka di kota Fuenlabrada, Madrid.

Kebanyakan masyarakan Spanyol memilih wirausaha karena pemasukan yang didapat dari bekerja di pemerinta turun. Selain itu, proses yang sulit untuk memperoleh pekerjaan di pemerintah ini juga menjadi salah satu penyebab kondisi ini. Oleh karena itu, bila kita melihat jumlah pekerja yang bekerja pada pemerintah Spanyol, saat ini turun sebesar 12 persen.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *