Teropong Bisnis | Homepage
Penguatan IHSG Lewat Stimulus The Fed

Penguatan IHSG Lewat Stimulus The Fed

0 Comments 🕔17.Sep 2013

The Fed atau bank sentral Amerika Serikat minggu ini mengumumkan rencana reduksi stimulus di pasar uang global. Satrio Utom yang merupakan analis Universal Broker Indonesia memprediksikan bahwa rencana tersebut akan membawa sentimen positif bagi indeks harga saham gabungan (IHSG). Ia menyatakan bahwa akan semakian banyak dana asing yang mengalir ke pasar uang domestik dengan perngurangan likuiditas global menyusul penerapan tappering.

Menurutnya, penguatan IHSG bisa terjadi dengan masuknya dana asing ke bursa pasar uang domestik. Hal ini bisa dilihat dari pihak asing yang sudah melakukan nett buy hingga mencapai nilai 200 juta dolar Amerika pada pembukaan pasar pada Senin, 16 September. Sebagai hasilnya, IHSG mengalami penguatan sebesar 81,2 poin atau 1,86% dari pembukaan yang berada pada level 4.403.

Di sisi lain, Satrio juga menyatakan bahwa pengurangan stimulus yang dilakukan oleh The Fed bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi penguatan IHSG. Kebijakan Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga acuan, BI Rate menjadi 7,25% atau sejumlah 25 basis poin memberikan pengaruh yang cukup signifikan bagi perbaikan IHSG.

Posisi nilai tukar rupiah yang masih terus merosot terhadap dolar Amerika memang cukup mengkhawatirkan. Namun, rupiah sudah mulai menunjukkan indikasi menuju stabilitas nilai tukar terhadap dolar Amerika meskipun belum berada dalam posisi yang pasti dan hal ini menunjukkan dampak positif terhadap pasar modal dalam negeri. Satrio sendiri mempunyai perkiraan bahwa nilai tukar rupiah sudah bisa mencapai titik stabil jika berada di bawah Rp 11.000,00 per dolar Amerika.

Menurut Satrio, jika level support IHSG sudah mencapai 4.500 hingga 4.750 hingga akhir bulan ini, pasar dalam negeri akan mendapatkan dampak yang positif. Ia juga memprediksikan jika tahun ini level support IHSG bisa mencapai 4.563, level terendah IHSG yang mencapai 3.837 bisa menjadi rekor level terendah tidak hanya untuk tahun ini melainkan juga untuk tahun depan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penguatan IHSG terjadi meskipun harus anjlok terlebih dahulu. Pada kenyataannya, IHSG sudah mampu melewati masa krisis dengan level yang semakin menguat. Demikian menurut Satrio.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *