Teropong Bisnis | Homepage
Pemerintah Kembali Naikkan Tarif Listrik 2014

Pemerintah Kembali Naikkan Tarif Listrik 2014

0 Comments 🕔05.Sep 2013

Kita memang sering melihat banyaknya orang berdemo untuk memperjuangkan aspirasinya. Banyak masyarakat yang berdemo karena beberapa harga yang cenderung naik secara drastis dan sangat merugikan semua pihak. Lalu bagaimana tanggapan masyarakat terkait dengan rencana pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik tahun depan?

Masyarakat memang beberapa belum tahu tentang rencana ini. Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Jero Wacik sebenarnya sudah mengatakan bahwa pemerintah akan segera menaikkan tarif dasar listrik untuk beberapa golongan mulai tahun depan. Selain itu, pemerintah juga akan berencana menaikkan tariff dasar listrik setiap 3 bulan sekali sehingga nantinya masyarakat tidak akan merasakan dampak yang terlalu besar dari kenaikan listrik ini.

Masyarakat Tak Perlu Takut

Menghadapi rencana pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik tahun depan, tentu beberapa masyarakat memang sudah resah. Pak Menteri sebenarnya sudah mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dengan rencana pemerintah ini. Pemerintah tetap memikirkan kepentingan masyarakat dari golongan terbawah. Oleh sebab itu, kenaikan tarif dasar listrik ini hanya akan dibebankan pada golongan tertentu saja.

Nantinya tarif dasar listrik yang baru hanya akan dibebankan pada orang yang mempunyai uang atau golongan mampu misalnya yang rumahnya mempunyai kolam renang yang ukurannya sangat besar atau orang yang mempunyai fasilitas mewah lainnya di rumah. Sebaiknya orang kaya juga harus mau berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu. Orang yang mampu tidak baik meminta tarif listrik yang murah seperti orang yang kurang mampu.

Orang kaya juga tidak perlu khawatir. Banyak orang kaya yang menganggap bahwa dengan dibebankannya tarif dasar listrik kepada orang-orang yang mampu saja, berarti subsidi akan segera dicabut. Sebenarnya pemerintah tidak mencabut subsidi tersebut namun menguranginya agar orang yang kurang mampu benar-benar bisa merasakan tarif dasar listrik dengan biaya yang terjangkau.

 2.b Pemerintah Kembali Naikkan Tarif Listrik 2014

Alasan Naikkan Tarif Dasar Listrik

Kenaikan harga listrik ini tentu saja bukan tanpa sebab. Tarif dasar listrik sebaiknya memang tidak hanya dibebankan pada PLN. Semakin lama nantinya semakin banyak orang yang menggunakan listrik dan PLN akan mempunyai hutang membengkak kalau tarif dasar listrik yang diberikan pada masyarakat tidak mengikuti perkembangan jaman juga.

Sebenarnya solusi seperti ini sudah sangat baik. Masyarakat yang kurang mampu tetap bisa mendapatkan pasokan listrik dan tarif dasar listrik yang baru hanya akan dibebankan pada yang mampu saja. Namun banyak orang memang menilai kalau hal ini masih akan sulit untuk diterapkan. Hal ini sangat sulit diterapkan karena banyak orang kaya yang tidak mengaku sebagai orang kaya.

Orang Indonesia memang cenderung tidak bisa berkaca. Yang kaya masih ingin mendapatkan subsidi karena mereka menganggap bahwa subsidi yang diberikan kepada mereka adalah hak mereka sehingga pemerintah tidak boleh mencabutnya. Pemerintah memang tidak akan mencabut subsidi namun tetap akan mengurangi subsidi listrik yang diberikan kepada orang yang mampu. Mereka harus bisa mengurangi beban Negara juga.

2.c Pemerintah Kembali Naikkan Tarif Listrik 2014

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *