Teropong Bisnis | Homepage
Pembangunan Monorel Bandung

Pembangunan Monorel Bandung

0 Comments 🕔27.Sep 2013

Kemacetan lalu lintas merupakan masalah umum di daerah kota-kota besar di Indonesia. Kurangnya lahan untuk membangun jalan dan meledaknya jumlah kendaraan di sejumlah kota seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung menyebabkan kepadatan lalu lintas yang menyulitkan sejumlah warga. Bagi kota-kota besar tersebut, masalah kemacetan lalu lintas merupakan makanan sehari-hari di hidup mereka.Beberapa solusi untuk mengatasi masalah akibat kepadatan penduduk ini sudah dilakukan pemerintah daerah, salah satunya dengan membangun monorel.

Monorel merupakan kereta yang dijalankan di atas rel tunggal yang ukurannya lebih kecil dari kereta itu sendiri.Karena roda kereta terbuat dari karet, kereta monorel tidak menyebabkan suara bising seperti kereta pada umumnya. Monorel biasa dijadikan solusi untuk mengatasi kemacetan di beberapa kota karena memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan monorel diantaranya adalah membutuhkan ruang yang kecil dan bisa diletakkan di atas jalan raya, memiliki beban yang ringan dibandingkan dengan kereta pada umumnya, berjalan lebih cepat dari kereta biasa baik saat melakukan manuver seperti berbelok atau menanjak, tidak berisik, dan membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding membangun kereta bawah tanah. Karena kelebihannya tersebut, monorel sudah banyak digunakan di beberapa negara untuk mengatasi kemacetan, seperti Jepang, Malaysia, Inggris, California, dan Sydney.

Indonesia juga akan memiliki kendaraan canggih ini dalam waktu dekat. Kota yang merencakan pembangunan monorel adalah Jakarta dan Bandung. Pembangungan monorel Bandung yang sedang dalam proses pembangunan akan direncanakan untuk dipercepat karena ditargetkan untuk diresmikan tahun 2019 mendatang. Tentunya masyarakat merespon dengan baik proyek pemerintah daerah Bandung tersebut karena dengan adanya monorel di Bandung, kemacetan lalu lintas akan teratasi.

Proses pembangunan monorel Bandung diperkirakan akan memakan biaya sebesar Rp 10 triliun dan akan dibiayai oleh BUMN Cina yaitu China National Machinery Import & Export Corporation (CMC). Proses pembangunan monorel tersebut juga disertakan dengan studi kelayakan yang akan selesai pada Februari 2014. Setelah studi kelayakan, akan dilanjutkan dengan ground breaking pada April 2014 dan selesai pada tahun 2019. Tahun 2019 adalah tahun yang ditargetkan selesainya jalur utama monorel di Bandung.

Jalur utama monorel Bandung yang direncanakan adalah Bandung-Soreang, Bandung-Banjaran, dan Bandung-Sumedang. Monorel di kota Bandung sendiri direncanakan akan dibangun di atas jalan raya yang sudah ada sehingga tidak memakan tempat. Selain proses pembangunannya yang mungkin akan mengganggu aktifitas lalu lintas, tidak ada kendala lain yang ditemukan dalam pembangunan tersebut. Masalah biaya, pemerintah kota Bandung tidak menemukan kendala karena biaya sudah disediakan subsidi oleh pemerintah pusat.

Anda warga Bandung yang sudah lama mengeluhkan masalah kemacetan lalu lintas? Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan kepadatan lalu lintas yang merajai kota Bandung. Dengan pembangunan monorel yang dipercepat ini, warga Bandung akan semakin cepat terlepas dari masalah kemacetan.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *