Teropong Bisnis | Homepage
Pekan Mengkhawatirkan Untuk Nilai Emas

Pekan Mengkhawatirkan Untuk Nilai Emas

0 Comments 🕔05.Dec 2013

Pekan ini, banyak pelaku pasar saham di Indonesia merasa khawatir karena nilai tukar Rupiah yang terus melemah. Dan, hal ini ditambah pula kebijakan Pemerintah Indonesia yang tampaknya belum terlalu efektif mengatasi hal ini. Akan tetapi, para investor emas juga harus waspada, karena ada tren nilai emas dunia akan turun.

Hal ini disebabkan oleh banyak hal, tetapi salah satu penyebab utamanya adalah adanya rencana Federal Reserve untuk melakukan tapering off atau mengurangi stimulus moneter Amerika Serikat. Langkah Federal Reserve ini membuat emas dijauhi oleh pelaku pasar.

Penurunan sempat terdeteksi di divisi COMEX New York Mercantile Exchange untuk emas berjangka pada Selasa 3 Desember 2013. Banyak pedagang masih menunggu informasi dari The Fed mengenai tappering off ini.

Selain itu, kontrak evem yang paling aktif untuk pengiriman bulan Februari juga ditutup turun ke level 1.220,8  dollar AS per ounce atau sebesar 1,1 dollar AS atau 0,09 persen. Penurunan ini merupakan penuruan terendah sejak 5 Juli menurut statistik.

Memang emas dikatakan sebagai salah satu investasi yang baik dan menguntungkan. Akan tetapi, banyak analis pasar yang melihat bahwa pelaku pasar cenderung meninggalkan investasi ini karena dianggap kurang menguntungkan untuk kondisi saat ini. Aset-aset keras macam ini terlalu sulit untuk menjaganya dibandingkan saham.

Selain itu, membaiknya perekonomian AS dan pasar ekuitas AS juga menjadi salah satu alasan mengapa investor meninggalkan emas. Mereka memandang bahwa ke depannya, pasar saham AS akan menjadi lebih baik, sehingga mereka lebih suka menanamkan uangnya di bidang ini.

Adanya kabar bahwa The Fed juga akan memulai memperlambat laju stimulus moneter mereka pada Selasa pekan ini juga menjadi alasan nilai emas turun.

Emas berjangka juga turun sebesar 27 persen pada tahun ini, sampai 3 Desember kemarin. Hla ini disebabkan saat ekuitas menguat, daya tarik emas sebagai pelindung nilai investasi menurun di mata investor. Sementara itu, indeks S&P 500 naik sebesar 25 persen.

Selain emas, perak juga mengalami penurunan. Pada saat penutupan perdagangan kemarin, nilai perak untuk pengiriman Maret ditutup pada 19,065 dollar AS per ounce atau turun sebesar 22,4 sen atau 1,16 persen.

Menurut laporan Institute of Supply Management (ISM),kondisi manufaktur AS saat ini tumbuh sangat pesat dibanding bulan lalu. Menurut Bloomberg, data penggajian (payroll) diperkirakan akan naik sebesar 181.000 pada November. Informasi ini dikeluarkan Bloomberg sebelum adanya laporan resmi dari Departemen Tenaga Kerja yang akan dirilis pada 6 Desember.

Memang, bila Anda melihat nilai emas yang turun, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu masalah untuk investasi emas. Tetapi, bila Anda belum memulai investasi emas, bukan tidak mungkin bila saat ini adalah saat yang tepat memulai investasi ini. Emas masih dipandang sebagai logam berharga. Jadi, di masa depan, ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan keuntungan.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *